1. Pilih Milk Cleanser Berbahan Ketimun Atau Green Tea

Langkah yang satu ini merupakan langkah yang wajib untuk merawat kulit wajahmu yang berjerawat. Untuk melakukan pembersihan pada kulitmu yang berminyak, sebaiknya kamu melakukannya dengan cara ini:

  • Untuk membersihkan wajah pada pagi hari, cuci wajahmu dengan facial wash yang khusus untuk kulit berminyak.
  • Untuk membersihkan wajah pada malam hari, gunakan milk cleanser yang cocok untuk kulit berminyak. Milk cleanser yang berbahan dasar ketimun dan green tea cocok untuk jenis kulit ini. Setelah melakukan pembersihan dengan milk cleanser, cuci wajahmu dengan facial wash yang cocok untuk kulit berminyak. Setelah itu, lanjutkan dengan mengoleskan toner pada wajahmu.
source: http://necturajakarta.blogspot.co.id/2014_03_01_archive.html

2. Pilih Pelembap Berbahan Dasar Sari Jeruk

Meskipun kulit wajahmu tergolong sebagai kulit wajah yang berminyak, kulit tetap membutuhkan pelembap agar dapat terjaga kelembapannya. Dalam mencari pelembap wajah, kamu harus mencari pelembap wajah yang berbahan dasar air dan bebas minyak. Kamu bisa juga mencari pelembap wajah yang memiliki kandungan sari jeruk untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih pada wajahmu.

source: http://hesti-myworkofart.blogspot.co.id/2015/08/sari-jeruk.html

3. Gunakan Sunblock Bertekstur Gel

Setelah memakai pelembap, kamu sebaiknya mengoleskan sunblock khusus untuk wajah atau produk yang mengandung tabir surya. Sunblock sangat berguna dalam menangkal sinar UV yang bisa menyebabkan kusam dan bintik hitam pada wajahmu. Selain bintik hitam dan kusam, sinar UV juga bisa memicu terjadinya kanker kulit, lho. Jadi, melindungi wajah dari sinar UV merupakan suatu kewajiiban. Dalam menggunakan produk sunblock, sebaiknya kamu memilih sunblock yang berbentuk gel karena cepat diserap kulit dan tidak membuat kulit jadi berminyak. Hindari sunblock bertekstur cream karena biasanya memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi.

source: http://www.elinivana.com/2015/06/skin-aqua-uv-moisture-gel-sunblock.html

4. Hilangkan Kulit Mati cengan Scrub Oat

Sel kulit mati yang menumpuk dan tidak dibersihkan bisa menyumbat pori-pori wajahmu, apalagi jika bercampur dengan minyak dan kotoran, bisa menimbulkan jerawat. Maka, selalu lakukan scrubbing 1 minggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan produk scrub khusus untuk kulit berminyak dan hindari memilih produk scrub wajah yang memiliki butiran yang terlalu besar atau kasar.

Jika kamu ingin membuat sendiri scrub untuk kulit berminyakmu, kamu bisa membuat scrub oat. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok makan oat dengan sedikit air. Setelah tercampur rata dan menjadi bubur oat, gunakan campuran ini untuk membersihkan sel kulit mati pada wajahmu.

source: http://www.wajibbaca.com/2016/01/bikin-lipbalm-dan-scrub-sendiri-yuk.html

5. Gunakan Masker Ketimun atau Lidah Buaya

Menggunakan masker pada wajah bisa menutrisi kulit wajahmu. Untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang berminyak, sebaiknya gunakan masker yang mengandung bahan alami yang bisa mengurangi produksi minyak berlebih. Kamu bisa memakai masker lumpur, masker ketimun, atau masker lidah buaya. Untuk penggunaan masker, sebaiknya lakukan 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Gunakan masker pada wajah yang sudah dibersihkan untuk hasil terbaik. 

source: http://www.maskeralamiwajah.com/cara-membuat-masker-wajah-alami-dari-lidah-buaya/

Nah, itulah rangkaian face care routine yang bisa kamu aplikasikan pada kulit wajahmu yang berminyak. Produksi minyak pada kulit wajahmu bisa dikontrol, kok. Jadi, jangan ragu lagi untuk melakukan face care routine pada wajah berminyakmu.