Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan

Buah semangka adalah salah satu buah yang sering kita makan sebagai pencuci mulut atau dessert. Kesegaran buah semangka bisa membuatmu menjadi sehat dan bugar. Namun, di balik kesegaran buah yang kaya akan kandungan air ini, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk kecantikan wajahmu. Buah ini kaya akan kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit wajahmu, lho.

Selain kaya akan kandungan air yang bisa mencegah dehidrasi pada tubuhmu, ternyata buah semangka juga mengandung antioksidan yang sudah terkenal karena bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Ada pula kandungan vitamin C dalam buah yang segar ini. Vitamin C bisa membuat wajahmu terlihat lebih cerah dan sehat.

Kandungan antoiksidan yang berpadu dengan vitamin C pada buah semangka bisa kita manfaatkan untuk menyehatkan kulit wajah. Jika kamu memiliki kulit wajah yang kering, buah semangka bisa mengembalikan kelembapan kulitmu karena adanya kandungan air yang banyak pada buah ini. Selain kulit wajah yang lembap, kamu juga akan mendapatkan kulit wajah yang terhindar dari kesan kusam dan tanda penuaan dini.

source: http://homeremedyshop.com/10-amazing-health-benefits-of-watermelon/

1. Masker Semangka

Memakai masker pada wajah merupakan salah satu perawatan kulit wajah yang cukup terkenal. Beragam masker wajah bisa kamu coba, mulai dari masker bengkoang untuk mencerahkan warna kulit hingga masker lumpur yang bisa mengurangi kelebihan minyak pada wajahmu. Namun, ternyata buah semangka juga bisa dipakai sebagai masker wajah, lho. Cara untuk membuat masker semangka sangat mudah.

Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa potong daging buah semangka yang sudah matang dan 1 sendok makan madu murni. Untuk membuat masker semangka, pertama-tama kamu harus menghancurkan semangka dan menambahkannya dengan madu. Aduk hingga semangka dan madu tercampur sempurna. Setelah semangka tercampur sempurna dengan madu, kamu bisa langsung mengoleskannya ke wajahmu. Pastikan wajahmu sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelum memakainya, ya.

2. Toner Semangka

Toner bisa kamu gunakan utuk menyegarkan wajah sesudah mencuci wajahmu dengan sabun khusus wajah. Atau kamu juga bisa menggunakan toner untuk meringkas pori-pori pada wajahmu. Nah, sekarang kamu bisa memanfaatkan buah semangka untuk membuat toner alami untuk kulit wajahmu. Dengan memakai toner dari semangka, kamu akan mendapatkan kulit wajah yang lembap dan pori-pori yang mengecil. Bahan dan cara membuat toner semangka pun sangat terjangkau, kok.

Kamu hanya perlu menyiapkan setengah cangkir daging buah semangka, 1 sendok makan ekstrak witch hazel dan 1 sendok makan air beroksigen. Untuk membuat toner dari buah semangka, pertama-tama kamu harus menghaluskan daging buah semangka. Setelah halus, tuangkan ekstrak witch hazel ke dalamnya, lalu tambahkan air. Setelah semua bahan tercampur merata, tuang ke dalam botol kaca dan toner semangka siap untuk digunakan. Kamu bisa menyimpan toner ini di dalam lemari pendingin untuk mendapatkan sensasi yang lebih segar.

source: http://cambon.id/berbagai-manfaat-kulit-semangka-untuk-kecantikan/
Buah semangka yang berwarna merah ini mengandung senyawa alami yang dapat mempercantik kulit dengan berperan sebagai toner alami. Untuk hasil terbaik, pijat wajahmu dengan potongan semangka segar atau kamu dapat mencampurkannya dengan madu. Jika kulit wajahmu cenderung berminyak, kamu bisa menambahkan bubuk hazelnut ke dalam ekstrak jus semangka, lalu gunakan pada wajah dan lehermu untuk menjaganya tetap segar dan terhidrasi dengan baik.
source: http://cambon.id/berbagai-manfaat-kulit-semangka-untuk-kecantikan/

3. Obat Jerawat dari Semangka

Jerawat pada wajah menjadi salah satu hal yang menjengkelkan bagi kaum wanita. Kamu bisa menggunakan semangka sebagai salah satu bahan untuk mengatasi jerawat yang tumbuh di wajahmu. Caranya sangat mudah, kok.

Haluskan semangaka dengan blender hingga menjadi seperti bubur, kemudian tempelkan bubur buah semangka tersebut pada jerawatmu. Diamkan beberapa saat sebelum kamu membilas wajahmu dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

source: http://www.gratitudeandgreens.com/2016/08/24/hongkong-style-watermelon-ice/

Tertarik untuk mencoba perawatan wajah alami dengan buah semangka?