1. Terlalu Sering Mengaplikasikan Kutek

Cat kuku atau yang sering disebut dengan kutek bisa membuat tampilan kuku menjadi lebih menarik dan sedap untuk dipandang. Kuku yang menarik dan berwarna-warni memang dapat melengkapi penampilan sempurnamu. Namun, sebagus apapun cat kuku yang kamu pakai, kamu tetap harus "mengistirahatkan" kukumu sejenak. Bahan kimia yang ada di dalam kutek lama kelamaan akan mengikis lapisan kuku. Kuku memerlukan waktu untuk beregenerasi, seperti halnya kulit di tubuh kita. Maka, kamu harus mengistirahatkan kukumu supaya bebas kutek setidaknya 2 minggu sebelum menggunakan kutek lainnya.

source: http://www.bintang.com/style/read/2341696/5-kebiasaan-mani-padi-yang-bisa-merusak-kuku

2. Kebiasaan Menggigit Kuku

Bagi beberapa orang, kebiasaan ini dianggap wajar. Ketika seorang wanita mengalami kepanikan dalam keadaan gugup, maka ia bisa saja secara tidak sadar menggigit kuku sebagai salah satu bentuk pelampiasannya. Namun, kebiasaan ini sangat tidak sehat bagi kukumu, lho. Kukumu bisa saja patah ketika kamu menggigitinya. Seringkali para wanita yang menemukan bahwa sebagian kukunya terkelupas, mereka langsung menggigitnya untuk menghilangkan bagian yang mengelupas tersebut. Kebiasaan ini harus segera kamu hentikan demi mendapatkan kuku sehat dan kuat. Gunakan pemotong kuku untuk memotong kukumu.

Selain tidak baik untuk kesehatan kukumu, kebiasaan ini pun sangat berbahaya untuk kesehatan tubuhmu. Kamu tidak bisa memastikan bahwa kuku yang kamu gigit telah terbebas dari kuman dan bakteri penyakit. Apabila kamu menggigit kuku yang sedang dalam keadaan tidak steril, maka resiko terkena beragam penyakit pun sangat tinggi. Penyakit yang bisa ditimbulkan oleh kebiasaan gigit kuku ini antara lain sakit perut, diare dan cacingan.

source: http://sharingdisini.com/wp-content/uploads/2014/03/

3. Melupakan Krim Tangan

Krim tangan adalah krim khusus yang diciptakan untuk menjaga kesehatan tangan, termasuk kukumu. Kamu wajib menggunakan krim tangan sesaat setelah mandi, supaya tangan dan kukumu tetap dalam keadaan yang sehat. Apabila kamu tidak memiliki krim khusus untuk tangan, kamu bisa menggunakan body lotion. Jangan lupa pijat area jari tangan sewaktu mengoleskan krim atau body lotion. Pijatan ringan pada area jari bisa memperlancar alirah darah sehingga kuku bisa lebih sehat.

source: http://www.beautyheaven.com.au/hands/nail-care-treatments/best-hydrating-hand-creams-11652
Kamu juga bisa memijat kuku dengan minyak zaitun. Fungsinya adalah menguatkan kuku dan melembutkan kutikel. Caranya, cuci tangan dan keringkan. Usapkan minyak zaitun di kuku dan sekitar kuku. Pijat perlahan untuk melancarkan aliran darah dan membuat nutrisi kuku tercukupi.
source: http://newslifestyle4u.blogspot.co.id/2013/12/6-cara-membuat-kuku-kuat-tidak-rapuh.html

4. Mencongkel Sesuatu dengan Kuku

Kuku merupakan suatu jaringan yang keras. Namun, jangan menyalahgunakan manfaat dari kuku, ya. Beberapa wanita masih menggunakan kuku untuk membuka cover handphone atau mencongkel sesuatu. Kebiasaan ini berbahaya untuk kukumu. Kuku sehatmu bisa rapuh dan patah karena kebiasaan buruk ini. Sebaiknya kamu menggunakan alat bantu lainnya ketika akan membuka sesuatu, termasuk ketika akan membuka cover handphone.

source: https://www.youtube.com/watch?v=4hbncXjDjCY

5. Memanjangkan Kuku Terlalu Esktrem

Kuku yang panjang akan membuat jari-jarimu terlihat lebih lentik dan menarik. Namun, ternyata kuku yang dipelihara terlalu panjang malah bisa membuat kuku menjadi mudah rapuh, lho. Resiko tergores, patah atau terkoyak akan menjadi lebih besar seiring bertambahnya panjang kukumu. Maka, bagi kamu yang ingin memanjangkan kuku, kamu patut waspada akan resiko ini.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang bisa membuat kukumu rapuh. Jika kamu menginginkan kuku yang kuat, maka segera hindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, ya.