Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang cukup banyak. Buah yang satu ini sangat cocok apabila dikonsumsi dalam cuaca yang panas. Buah semangka bisa memenuhi kebutuhan air pada tubuhmu. Selain itu, buah semangka memiliki beragam kandungan gizi, diantaranya adalah:

  • Vitamin C (penambah kekebalan tubuh)
  • Kalium (penjaga fungsi jantung)
  • Likopen (penangkal kanker)
  •  L-citrulline (penurun tekanan darah)
Semangka adalah salah satu buah rendah kalori yang nggak akan membuat perut buncit meskipun dimakan dalam jumlah banyak. Kandungan air (91%) dan energinya yang tinggi juga bisa membuat kita terhindar dari dehidrasi. Selain itu, mengonsumsi buah semangka bisa mengurangi hasrat untuk makan dan menahan keinginan untuk mencari dessert yang biasanya tinggi kalori.
source: http://www.gadis.co.id/Cantik/Diet+Dengan+Semangka#

Bahan untuk Membuat Smoothie Semangka

Selain segar, ternyata buah semangka kaya akan manfaat untuk kesehatanmu. Salah satunya adalah untuk menangkal penyakit tekanan darah tinggi dan serangan stroke. Untuk mendapatkan manfaat dari buah semangka, kamu hanya perlu menambahkan buah semangka ke dalam menu makan harianmu.

Semangka biasanya disajikan sebagai pencuci mulut. Namun, jika kamu bosan dengan semangka yang dimakan begitu saja, kamu bisa membuat smoothie semangka. Bahannya sangat sederhana, kok. Berikut ini bahan yang kamu perlukan untuk membuat smoothie semangka:

  • 200 gram semangka merah yang sudah dipotong kecil
  • 100 ml yoghurt (pilih yang plain/tawar)
  • 2 sendok makan gula pasir
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Smoothie Semangka

Setelah semua bahan siap, kamu bisa mulai membuat minuman kesehatan dari buah yang kaya akan kandungan air ini. Begini cara membuatnya:

  1. Masukkan semangka merah yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam blender.
  2. Tambahkan yoghurt, gula pasir dan es batu secukupnya.
  3. Blend hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Setelah tercampur rata, matikan blender.
  5. Tuang smoothie ke dalam gelas.
  6. Hias dengan potongan semangka.
  7. Smoothie semangka yang lezat dan sehat siap disajikan.

Nah, itulah ulasan mengenai manfaat semangka dan cara menikmati semangka dalam bentuk smoothie. Minuman ini juga bisa menjadi alternatif minuman kesehatan bagi kamu yang ingin terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi. Namun, untuk kamu yang mempunyai potensi tekanan darah rendah, jangan mencoba minuman ini, ya. Minuman ini akan memperparah gejala tekanan darah rendah yang kamu derita.