Toner dapat membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum terangkat oleh sabun pembersih wajah. Apakah selama ini kamu merasa bahwa dengan mencuci wajah saja sudah cukup membersihkan wajahmu dari kotoran? Setelah kamu mencuci wajah, kamu bisa mencoba menuangkan toner di atas kapas kemudian usapkan pada wajah. Tidak hanya sisa kotoran saja yang dapat terangkat, kulit mati yang siap mengelupas pun juga ikut terangkat.

Tidak sampai disitu, toner juga memiliki manfaat lainnya. Manfaat lain dari toner yaitu dapat menyeimbangkan pH kulit, mengembalikan kelembapan, hingga membantu mempersiapkan kulit untuk menerima dan menyerap produk skincare yang diaplikasikan setelahnya. Selain itu, biasanya toner memiliki sifat menyegarkan.

Agar toner dapat bekerja maksimal, pilihlah toner yang sesuai dengan jenis kulitmu. Nah, berikut rekomendasi produk toner yang sesuai dengan jenis kulit.

1. Kulit Berminyak

Kulit berminyak yaitu kulit yang memiliki masalah dengan produksi minyak berlebih hingga rentan terhadap muculnya jerawat. Jika kulit wajahmu termasuk kulit yang berminyak, kamu perlu toner yang mengandung zat aktif yang dapat mengangkat minyak berlebih dan membunuh bakteri di kulit wajah namun tetap menjaga kelembapan pada kulit. Untuk kamu pemilik kulit berminyak, Sebamed Clear Face Deep Cleansing Facial Toner bisa jadi pilihan yang tepat. Atau rekomendasi produk lainnya yaitu Aromatica Tea Tree Balancing Toner.
 

source: https://www.sebamedusa.com/sebamed-clear-face-deep-cleansing-toner

Sebamed Clear Face Deep Cleansing Facial Toner, Rp115.000

source: https://www.peachandlily.com/products/tea-tree-balancing-toner

Aromatica Tea Tree Balancing Toner, Rp238.600

2. Kulit Sensitif

Mungkin kamu merasa takut dan khawatir saat akan menggunakan toner, mengingat kulit sensitif merupakan kulit yang sangat rentan. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan toner. Kamu bisa menggunakan toner dengan aman dan nyaman dengan toner yang bebas alkohol dan memiliki sifat menenangkan. Kamu bisa menggunakan Khiel’s Celendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner atau The Body Shop Aloe Calming Toner.
 

source: http://www.kiehls.com/calendula-herbal-extract-alcohol-free-toner/254.html?dwvar_254_size=4.2%20fl.%20oz.%20Bottle

Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner, Rp500.000

source: https://www.thebodyshop.co.id/SKINCARE/RANGE/Aloe/ALOE-CALMING-TONER-250ML/p/70336

The Body Shop Aloe Calming Toner, Rp179.000

3. Kulit Kering

Toner yang tepat untuk kamu pemilik kulit kering yaitu jenis hydrating toner atau toner berbahan lotion pun juga bisa kamu gunakan. Namun, perlu untuk memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya dan pastikan memiliki manfaat menghidrasi kulit dan menambah kelembapannya. Rekomendasi produk, kamu bisa mencoba Missha Super Aqua Hydrating Toner atau Ioma Moisturizing Toning Lotion.
 

source: http://www.londonmediamakeup.com/our-top-6-korean-skincare-products/

Missha Super Aqua Hydrating Toner, Rp259.000

source: http://us.feelunique.com/p/IOMA-Moisturizing-Toning-Lotion-140ml

Ioma Moisturizing Toning Lotion, Rp585.000