Step 1

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memotong dan mengkikir kuku adalah merendam kuku terlebih dahulu dalam larutan air garam. Kamu hanya tinggal siapkan wadah kecil yang berisi air hangat, kemudian larutkan garam dalam air. Rendam kuku selama 5-10 menit. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran pada kuku yang bisa menyebabkan jamur dan memudahkanmu ketika memotong kuku.

Step 2

Setelah kuku direndam dalam larutan air garam, lakukan langkah kedua yaitu memotong kuku dengan mengikuti garis kuku agar terlihat rapi. Tetapi jika ingin mencoba hal baru kamu bisa memotong kuku sesuai dengan bentuk yang diinginkan, salah satunya adalah bentuk oval yang paling sering dicoba. 

source: https://plus.google.com/104078208151951219562

Step 3

Setelah dipotong tentunya kamu harus mengikir kuku agar permukaan kuku yang sudah dipotong tidak kasar dan lebih halus. Mengikir kuku juga tidak bisa sembarangan kamu lakukan, kamu harus mengikirnya dengan perlahan karena jika tidak bisa membuat bentuk kuku jadi aneh dan tidak sesuai dengan keinginan.

source: http://www.myblisskiss.com/blog/curved-nails/

Step 4

Setelah memotong kuku, bersihkan kutikula yang kuku yang terlihat menonjol ke arah luar. Pada dasarnya kutikula adalah pelindung kuku, jadi kamu harus tetap menjaganya agar selalu bersih. Ketika membersihkan kutikula usahakan jangan sampai melukai permukaan kuku, selain terasa sakit juga bisa membuat permukaan kulit di sekitar kukumu terlihat kurang menarik.

Step 5

Langkah terakhir adalah menutrisi kuku. Tak perlu mahal, kamu cukup mengoleskan baby oil pada permukaan kuku dengan cara dipijat perlahan. Lakukan hal ini sesering mungkin terutama pada daerah kutikula agar tangan dan kukumu selalu terjaga kelembapannya. Waktu paling tepat untuk mengoleskannya adalah ketika kamu beranjak tidur malam.

Selain melakukan kelima perawatan di atas, hal yang tak boleh dilewatkan adalah rutin mengonsumsi air putih yang sangat baik bagi kesehatan tubuh juga kecantikan kukumu. Selamat mencoba!