Kandungan Gizi pada Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air yang cukup banyak. Buah yang berwarna merah ini sangat segar apabila dikonsumsi pada siang hari. Selain segar disajikan sebagai buah maupun jus, semangka ternyata juga mempunyai khasiat untuk kesehatanmu, lho. Salah satunya adalah penangkal tekanan darah tinggi pada wanita. 

source: http://www.healthline.com/health/food-nutrition/best-watermelon-seed-benefits

Tekanan darah seorang wanita dewasa normalnya adalah 120 mm Hg/80 mm Hg. Apabila tekanan darah seorang wanita melebihi batas tersebut, maka bisa dikatakan bahwa ia menderita tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi sangat berbahaya karena bisa memicu terjadinya stroke.

Menurut Dr. Arturo Figueroa dan Profesor Bahram H. Arjmandi, semangka adalah sumber L-citrulline yang bisa dimakan, senyawa penting dalam memproduksi oksida nitrat, gas yang memperluas pembuluh darah.
source: http://life.viva.co.id/news/read/183358-semangka-efektif-turunkan-tekanan-darah

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, maka kamu bisa memanfaatkan buah yang segar ini. Semangka mempunyai suatu senyawa yang bisa melebarkan pembuluh darah, sehingga darah bisa beredar dengan sempurna. Selain itu, semangka juga merupakan sumber kalium yang bisa berguna untuk menurunkan tekanan darah. Semangka yang kaya akan air ini pun bisa memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, karena semangka mengandung vitamin A, B6, C dan serat. Likopen yang terdapat dalam semangka juga bagus untuk kesehatanmu, karena bisa menangkal kanker dan menambah kesuburan.

Cara Segar Nikmati Semangka

Untuk menikmati buah yang satu ini, kamu bisa melakukannya dalam beberapa cara. Kamu bisa mengupasnya dan memotong-motongnya menjadi bagian yang lebih kecil. Namun, jika kamu menginginkan minuman dari semangka, kamu bisa membuat jus semangka. Cukup masukkan air, es, semangka dan gula, kemudian blender bahan tersebut hingga halus.

 

Ada lagi cara unik dalam menikmati buah semangka, yaitu dengan membuat puding semangka. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menyiapkan bahan ini:

  • 1 buah semangka merah sedang
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 1 ons gula pasir
  • 1,5 liter air
  • 2 bungkus agar-agar putih
  • 3 sendok air jeruk nipis
  • Vanili dan garam (secukupnya)
source: http://www.countryliving.com/food-drinks/a35648/giant-watermelon-jello-shot/

Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Keruk daging semangka menjadi bulatan-bulatan kecil, lalu masukkan ke dalam mangkok. Jangan buang kulitnya.
  2. Tambahkan gula pasir ke dalam mangkok yang berisi semangka, kemudian diamkan kurang lebih 15 menit, lalu tiriskan.
  3. Masukkan bahan yang lain ke dalam panci.
  4. Rebus bahan-bahan tersebut hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, masukkan semangka dan aduk sebentar.
  6. Jika semangka sudah hancur atau lembek, matikan kompor dan angkat panci.
  7. Masukkan puding ke dalam kulit semangka yang sudah dikeruk dagingnya dan biarkan sampai dingin.
  8. Setelah dingin, masukkan ke dalam kulkas.
  9. Puding semangka siap diiris dan disajikan.
Jus semangka juga dipercaya mampu menormalkan detak jantung setelah berolahraga serta mengurangi lelah otot. Jika dikonsumsi sebelum berolahraga, jus semangka dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah karena mengandung asam amino L-cittruline. L-cittruline pada semangka, dapat diserap lebih cepat oleh tubuh ketimbang L-cittruline yang berasal dari suplemen atau pil.
source: http://wolipop.detik.com/read/2014/04/07/112628/2547468/1135/rajin-makan-semangka-atasi-hipertensi-dan-kurangi-risiko-serangan-jantung

Yang Tak Boleh Dilakukan Ketika Mengonsumsi Semangka

Memakan semangka memang bisa menjadi salah satu penurun tekanan darah secara alami. Namun, untuk kamu yang sudah terlanjur mengonsumsi obat penurun tekanan darah, sebaiknya jangan konsumsi buah ini. Konsumsi semangka yang bersamaan dengan obat penurun tekanan darah bisa membuat tekanan darahmu turun mendadak, sehingga membahayakan nyawamu. Selain itu, untuk kamu yang mempunyai potensi tekanan darah rendah, jangan sekali-kali memakan buah ini, ya. Buah semangka berbahaya bagi penderita hipotensi karena bisa menyebabkan vertigo, pusing, bahkan pingsan.

Kalium pada Semangka berguna bagi penderita Hipertensi karena bisa menurunkan tekanan darah tinggi, tetapi apabila asupan kalium berlebihan maka dikhawatirkan akan membahayakan si penderita. Jadi sebaiknya hindari mengkonsumsi buah semangka saat minum obat untuk gagal jantung dan obat-obatan untuk Hipertensi.
source: http://luvizhea.com/buah-yang-tidak-boleh-dikonsumsi-saat-minum-obat/
Selain segar, ternyata buah ini kaya akan manfaat untuk kesehatan, ya.