Kulit Sensitif dan Penyebabnya

Jika kulitmu mudah mengalami kemerahan, maka termasuk dalam kategori kulit sensitif. Meskipun ada faktor genetika yang bisa menjadi penyebabnya, namun banyak pula faktor eksternal yang bisa membuatmu mengalami kulit sensitif. Beberapa penyebabnya antara lain:

  • Paparan sinar matahari dan polusi lingkungan. Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa membuat kulit terbakar dan tampak kemerahan. Belum lagi polusi dari lingkungan sekitar seperti asap kendaraan dan asap rokok yang merupakan salah satu radikal bebas. Radikal bebas ini bisa menyerang DNA sel-sel kulit dan menyebabkan peradangan, kemerahan, dan iritasi.
  • Pengelupasan berlebihan. Frekuensi normal eksfoliasi yang dianjurkan adalah 2 kali seminggu. Namun bagi pemilik kulit sensitif sepertinya cukup 2 kali sebulan. Jika ingin melakukan eksfoliasi, kamu bisa memilih bahan yang lembut, seperti yogurt  tawar.
  • Stres. Stres juga bisa melemahkan pertahanan alami tubuh, yang membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

 

Madu untuk Kulit Sensitif

Untuk mengatasi kulit sensitif, maka raw honey menjadi bahan utama yang sangat direkomendasikan. Meskipun harga madu mentah lebih mahal dibandingkan madu biasa, namun hal ini sebanding dengan manfaatnya yang sangat besar. Madu mentah yang belum diproses memiliki kemampuan mematikan bakteri dan memiliki enzim penyembuhan yang lebih besar dibanding madu biasa.

source: http://www.hibeautiful.net/directory/skin-benefits-of-raw-honey

Itulah sebabnya madu mentah sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif, termasuk dijadikan sebagai bahan utama membuat facial wash. Bisa dipadukan dengan bahan lainnya yang juga alami.
 

DIY: Face Wash untuk Kulit Sensitif Berbahan Madu

Berikut ini resep DIY face wash untuk kulit sensitif berbahan madu yang dibagikan oleh salah satu beauty blogger, Kristin Marr

Bahan:

  1. Madu mentah, bisa diperoleh di toko kesehatan organik.
  2. Sabun organik Castile Soap, bisa diperoleh di lazada seharga Rp170.000-Rp200.000.
  3. Minyak zaitun ekstra murni.
  4. Air mineral.

Cara membuat:

  1. Siapkan tempat penyimpanan facial wash berupa botol pump yang bisa dibeli di Daiso.
  2. Masukkan terlebih dahulu 3 sendok makan air mineral dalam botol penyimpanan untuk mencegah gelembung.
  3. Setelah itu masukkan masing-masing 1/2 cangkir Castile Soap dan madu mentah, juga 2 sendok makan minyak zaitun.
  4. Tutup rapat lalu kocok botol tersebut hingga campuran tercampur rata dan facial wash siap digunakan.
source: http://livesimply.me/2015/01/31/diy-homemade-honey-face-wash/
Untuk pemakaiannya, sama seperti saat memakai facial wash biasa, dengan membasahi wajah terlebih dulu dengan air lalu ambil facial wash secukupnya dan oleskan pada wajah sambil melakukan pijatan lembut. Jika rutin melakukannya maka kamu akan mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terbebas dari masalah gangguan sensitivitas.