Alat yang Kamu Perlukan

Pada awalnya mungkin membeli peralatan manicure dan pedicure terkesan mahal dan berat di kantong. Tapi sebaiknya, kamu anggap sebagai investasi karena nantinya kamu akan menghemat banyak biaya di masa depan, kok.


Yang kamu perlukan:

  • kapas
  • nail polish remover bebas acetone
  • gunting kuku
  • baskom kecil
  • air hangat
  • scrub favorit dan pumice stone
  • nail file atau kikir kuku
  • nail buffer atau pengkilap kuku
  • cuticle oil
  • hand cream dan foot cream
Peralatan ini dapat kamu peroleh di toko kosmetik atau toko peralatan salon terdekat. Bingung mencari produk perawatan kutikula? Simak rekomendasi empat produk yang ampuh merawat kutikula.
 


 

Mulai Dengan Dasar Yang Bersih

Agar perawatan kuku dapat meresap, sebaiknya kamu menghapus cat kuku yang tersisa terlebih dahulu. Setelah itu, gunting kuku sesuai bentuk yang diinginkan. Agar mendapatkan bentuk yang sempurna, gunakan kikir kuku untuk menghaluskan bagian kuku yang kurang rapi. Lakukan langkah-langkah yang sama pada kuku kaki.
 

source: http://www.ulta.com/mini-nail-file-clipper?productId=xlsImpprod3590369


 

baca juga

Haluskan Permukaan Kuku

Proses buffing dengan nail buffer akan membuat permukaan kuku lebih halus dan berkilau. Apabila kukumu berwarna kekuningan akibat cat kuku, nail buffer dapat memperbaikinya.

Agar praktis, pilih nail buffing block sehingga kamu mendapatkan empat alat dalam satu produk. Jangan khawatir karena setiap sisi akan diberi petunjuk urutan pemakaian kok.
 

source: https://www.amazon.com/Shiner-Buffer-Sanding-Manicure-Product/dp/B00GOIKKCA


 

Rendam

Rendam tangan dan kaki dalam baskom berisi air hangat selama 4-5 menit (dan 5-7 menit untuk kaki). Ingin manfaat tambahan? Kamu dapat mencampurkan essential oil sesuai selera, seperti peppermint atau lavender untuk aromaterapi, tea tree oil yang anti-bakteri, atau bath salt.
 

source: http://www.livestrong.com/article/314093-homemade-foot-soak-for-dry-feet/


 

baca juga

Scrub Untuk Hilangkan Sel Kulit Mati

Setelah selesai merendam kaki, gunakan scrub favoritmu untuk menghilangkan sel kulit mati yang membuat tangan dan kakimu terasa kasar serta nampak kusam. Untuk kulit mati di bagian tumit, gunakan pumice stone untuk mengeksfoliasi sel kulit mati yang mengeras di tumit lebih mudah. 
 

source: http://www.capitaldistrictpodiatry.com/blog/post/using-a-pumice-stone-on-your-calluses.html


 

Jaga Kelembapan

Oleskan cutice serum, cuticle oil atau cuticle balm pilihanmu, pijat perlahan hingga meresap. Perawatan kutikula akan menjaga kelembapan agar kutikula tidak mudah kering dan pecah-pecah. Terakhir, gunakan hand cream dan foot cream secara rutin agar kelembapan tangan dan kaki selalu terjaga.
 
source: http://sharmaines.com/nails-service/


 

Nah, kamu sudah berhasil melakukan perawatan kuku di rumah, Beautynesian. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan alat-alat manicure-pedicure, ya.