Jadi Menu Camilan

Jadikanlah semangka sebagai menu camilan jika kamu ingin melakukan diet secara sehat. Bawalah semangka sebagai bekal snack ke kantor daripada keripik atau gorengan lain yang jelas tidak sehat. Kalau kamu bosan, olahlah menjadi salad semangka. Semangka mengandung banyak air, sehingga baik dan sehat untuk tubuhmu.

Sebelum Makan Siang

Makanlah semangka 1 jam sebelum jam makan siang. Semangka yang mengandung banyak air, secara otomatis akan mengurangi porsi makan siangmu. Mengonsumsi buah sebelum makan siang sangat dianjurkan bagi kamu yang sedang melaksanakan diet sehat.

Air dalam kandungan semangka membuatmu tidak merasa terlalu lapar ketika jam makan siang tiba. Sebaliknya, tubuhmu akan tetap sehat dan segar karena semangka mengandung banyak vitamin C yang baik bagi tubuh.

Makanlah Semangka Setelah Berolahraga

Setelah berolah raga, kamu pasti merasa haus dan lapar. Semangka adalah solusi terbaik untuk kamu konsumsi di saat kamu menjalani diet. Selain menyegarkan, semangka juga memberi rasa kenyang, sehingga setelah berolah raga, kamu tidak perlu makan dalam porsi yang biasanya.

Selain itu, semangka mengandung gula alami yang sangat baik bagi tubuh untuk memberi energi yang baru setelah kamu lelah berolahraga. Jika kamu menderita anemia, hati-hati dalam mengonsumsi semangka, karena semangka membuat tekanan darah semakin rendah dan badan menjadi lemas. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Tips mengonsumsi semangka:

  • Cuci buah semangka sebelum dikupas untuk membersihkan kulit dari bakteri atau kuman selama semangka dalam penampungan atau toko.
  • Sajikan semangka saat sudah dikupas kulitnya untuk menghindari kontaminasi bakteri.
  • Selalu konsumsi semangka yang masih segar atau baru saja dipotong.
  • Hindari memakai pisau bekas daging atau makanan lainnya untuk memotong semangka
  • Hindari konsumsi semangka yang sudah dipotong dan disimpan lebih dari 24 jam.