Perawatan kuku tidak harus selalu dilakukan di salon kecantikan. Bagi kamu yang sudah terbiasa melakukan perawatan sendiri di rumah, mungkin resep-resep DIY selalu menarik perhatianmu untuk dicoba.
source: https://www.youtube.com/watch?v=rE03ZwJxxi8

Ela Gale merupakan salah satu YouTuber yang turut berbagi resep DIY yang sederhana, namun menjanjikan hasil yang cukup memuaskan. Hanya dengan 3 bahan sederhana, Ela Gale mampu menumbuhkan kuku dengan perawatan intens selama dua minggu. Hasil perawatan Ela Gale pun bisa kamu lihat dalam gambar berikut.

source: http://www.popsugar.com/beauty/How-Grow-Your-Nails-Longer-40441912
Bahan perawatan yang digunakan Ela Gale terdiri dari jeruk, bawang putih, dan minyak zaitun. Apa saja manfaat yang diberikan ketiga bahan ini untuk kuku?

Jeruk

Air perasan jeruk dikenal sebagai salah satu bahan yang mampu membantu pertumbuhan kuku. Vitamin C yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan produksi kolagen dan membuat pertumbuhan kuku lebih sehat. Selain itu, jeruk juga mengandung asam folat yang juga merupakan kandungan penting untuk pertumbuhan kuku.

source: http://weheartit.com/entry/253639410/search?context_type=search&context_user=saphael&query=orange

Bawang Putih

Tak hanya memiliki manfaat kecantikan untuk kulit dan rambut, bawang putih juga dapat mengatasi kuku yang kusam dan rapuh. Bawang putih memiliki sifat anti-bakteri sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada kutikula.

source: http://weheartit.com/entry/126427483/search?context_type=search&context_user=Vaahtokarkkipussi&query=fresh+garlic

Minyak Zaitun

Menjaga kelembaban merupakan salah satu kunci utama untuk meningkatkan pertumbuhan kuku. Minyak zaitun dapat membantu menutrisi kuku karena mampu menyerap dengan baik ke dalam kulit dan kuku. Ditambah dengan kandungan vitamin E di dalamnya yang mampu meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kuku, meningkatkan pertumbuhan serta menguatkan kuku.
source: http://weheartit.com/entry/198771654/search?context_type=search&context_user=AmoUnoDirezione&page=13&query=olive+oil

Ketiga bahan tersebut bisa kamu gunakan secara terpisah untuk perawatan kuku sehari-hari. Atau kamu bisa ikuti cara perawatan ala Ela Gale dengan mengkombinasikan ketiga bahan tersebut. Untuk langkah lebih detil bisa kamu saksikan dalam video berikut.