1. Merendam Mascara

Bila mascara mulai mengering, coba rendam dengan air hangat untuk mencairkan formulanya. Tutup mascara dengan rapat kemudian masukkan pada gelas yang terdapat air hangat. Diamkan selama kurang lebih 2-3 menit. Suhu air hangat yang tinggi akan mengembalikan tekstur mascara sehingga lebih mudah digunakan pada bulu mata. 
 

source: http://www.solusicantik.info/2016/01/mascara-kering-jangan-dibuang.html

2. Menggunakan Mascara yang Tepat

Banyak yang masih salah saat mengaplikasikan mascara. Gunakan mulai dari dekat akar ke ujung bulu mata. Ayunkan mascara dengan gerakan zig-zag untuk mencegah mascara menggumpal pada bulu mata. 
 

source: http://www.dewimagazine.com/tips/tips-memakai-mascara-anti-gumpal

3. Cukup 2-3 Layer

Ingin mendapatkan bulu mata yang lebat dan lentik membuat para wanita cenderung memakai mascara hingga berkali-kali. Bila terlalu banyak lapisan pada bulu mata justru membuatnya menggumpal dan sulit disisir. Kamu cukup menggunakan mascara hingga 2-3 layer saja dan langsung tumpuk saat formulanya masih basah.

source: http://tabloidnova.com/Mode-Dan-Kecantikan/Kecantikan/Agar-Maskara-Tidak-Menggumpal

4. Hindari Mengaduk Mascara

Biasanya sebelum digunakan, mascara diaduk lebih dulu agar formulanya lebih rata. Namun hal ini justru membuat udara banyak masuk ke dalam kemasan. Sehingga mascara mudah sekali kering dan menggumpal. Sebaiknya setelah dibuka langsung diaplikasikan pada bulu mata. 
 

source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2304803/5-hal-yang-tidak-anda-ketahui-tentang-maskara

5. Membersihkan Mascara

Sapukan kuas mascara pada tissue setelah kemasan dibuka untuk mengurangi gumpalan. Sehingga saat diaplikasikan mascara jadi lebih ringan dan formula yang menempel pada aplikator tidak terlalu banyak.
 

source: http://www.wikihow.com/Apply-Evening-Mascara