source: http://id.wikihow.com/Melukis-Kuku-Bertema-Koran

Sebelum memulainya siapkan cat kuku dengan warna netral, atau bisa menggunakan cat kuku warna putih, abu-abu muda, atau warna pastel agar tinta koran yang ditransfer bisa jelas terlihat. Selanjutnya, siapkan base coat untuk melindungi kuku, nail remover untuk membersihkan cat kuku yang berantakan, alkohol (bisa juga air), dan koran.

Cuci Tangan dengan Bersih

Sebelum menghias kuku, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun yang lembut hingga bersih. Ini baik untuk membunuh kuman dan bakteri dan juga kotoran yang menempel pada kuku. Jika sebelumnya sudah menggunakan cat kuku, bersihkan dulu jangan sampai ada yang tersisa.

Oleskan Base Coat pada Kuku

Sebetulnya penggunaan base coat ini bersifat opsional. Jika tidak ada kamu bisa melewatinya namun sangat disarankan untuk menggunakannya. Base coat ini berfungsi untuk melindungi kuku dan membuat cat kuku terlihat lebih bagus.

Oleskan Cat Kuku yang Sudah Dianjurkan

Selanjutnya, kamu oleskan cat kuku yang akan dijadikan dasar koran yang akan ditempel. Oleskan cat kuku yang kamu pilih dengan merata pada semua kuku. Ingat, sangat dianjurkan menggunakan cat kuku yang netral dan jangan pernah menggunakan warna gelap karena akan membuat motif yang ditransfer tidak cukup jelas. Warna abu muda cukup cantik untuk dicoba.

Biarkan cat kuku tersebut kering sebelum kamu melanjutkan langkah selanjutnya.

Transfer Motif Koran pada Kuku

Setelah warna dasar dirasa kering selanjutnya kita cetak motif koran pada kuku dengan menggunakan alkohol. Tuang alkohol pada wadah secukupnya. Celupkan koran yang akan digunakan pada alkohol selama kurang lebih 5 detik kemudian tempelkan potongan koran pada kuku. Tekan-tekan pada seluruh permukaan kuku dengan perlahan sampai motif atau tinta koran pindah pada kuku. Jangan menggunakan potongan koran yang sama pada semua kuku, kamu bisa menggunakan motif gambar, komik, atau kalimat inspiratif untuk menghias kuku.
source: http://www.brushcrush.com/2011/diy-newspaper-nail-art/

Nah, dalam tahap transfer motif ini sebaiknya kamu selesaikan satu per satu kuku.

Finishing Touch

Setelah semua kuku tampil stunning dengan motif koran tersebut, selanjutnya kamu bersihkan cat kuku yang mengenai kulit dengan menggunakan nail remover. Setelah bersih kemudian oleskan top coat untuk mendapatkan kuku yang cantik dan bening. Top coat ini biasanya berwarna bening berfungsi untuk membuat kuku terlihat mengkilap.

Nah, mudah bukan? Kamu tidak perlu antre berjam-jam ke salon dan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Kamu dapat belajar dari berbagai tutorial di internet. Kamu juga bisa berkreasi menciptakan nail art sendiri agar tampil berbeda.

Selain menghemat biaya juga menghemat waktu, kamu bisa memperkirakan jam berapa pergi dan kapan harus menghias kuku kamu. Selamat belajar dan selamat mencoba.