Madu dan Garam/Gula

Apakah kamu terbiasa menggunakan facial wash ber-scrub? Hati-hati, karena butiran scrub yang terlampau kasar untuk permukaan kulit bisa melukai. Pada akhirnya jerawat justru bisa makin meradang atau bahkan menimbulkan luka membekas yang susah hilang. Kamu bisa mengganti scrub facial wash dengan scrub alami buatan sendiri.

Bahan yang dibutuhkan hanyalah 1/2 sdt garam, campurkan dengan 3 sendok makan madu. Aduk hingga tercampur merata kemudian oleskan pada permukaan wajah dan pijat lembut. Kamu bisa membasuhnya dengan air hangat di akhir perawatan. Sel kulit mati akan terangkat dan kulit muka tetap lembap berkat nutrisi dari madu.

Madu dan Air Mawar

Mencuci wajah 2 kali sehari wajib jika kamu ingin mukamu terhindari dari jerawat. Dengan begitu, kotoran, debu, dan polusi yang menempel bisa terangkat sempurna. Namun, tentu saja ritual pencucian wajah tidak baik dilakukan lebih dari 2 kali karena justru akan membuat wajah terlampau kering dan rentan terserang jerawat.

Facial wash dapat juga sesekali menggunakan bahan-bahan alami. Selain tidak berbahaya, justru bisa menyehatkan kulit. Misalnya, siapkan susu atau air mawar, campurkan dengan madu dan sedikit bubuk kunyit dan cendana.

Madu Alami

Ritual masker wajah memang sesekali dianjurkan untuk tetap menutrisi kulit. Kamu bisa membuat masker alami dengan madu. Sebelumnya, cuci wajah terlebih dahulu dengan air hangat, dan siapkan 1 sendok makan madu murni yang sebelumnya sudah dihangatkan ke dalam microwave selama 10 detik.

Oleskan madu secara merata ke seluruh permukaan muka terutama yang berjerawat. Pastikan ketebalan madu merata ya, lalu diamkan selama 15 hingga 60 menit supaya masker madu ini mengering. Kamu bisa menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk menyeka wajah. Lakukan dengan rutin.

Madu, Putih Telur, dan Perasan Lemon

Selain memakai milk cleanser dan toner untuk membersihkan wajah, kamu bisa sesekali mengganti toner dengan madu murni. Madu merupakan pembersih alami yang disediakan oleh alam. Menggunakan madu sebagai toner dapat membantu mengangkat sel kulit mati, debu, polusi, dan kotoran secara maksimal.

Caranya simpel saja. Kamu bisa mencampurkan putih telur, perasan lemon, dan 1 sdm madu. Kemudian campur rata dan aplikasikan pada wajah sebelum dibilas bersih. Bukan hanya kotoran yang bisa terangkat sempurna, kulit pun juga bisa menjadi kencang.

Madu dan Kayu Manis

Daripada kamu memakai obat jerawat yang memiliki kandungan kimia tinggi, lebih baik manfaatkan campuran madu dan bubuk kayu manis saja. Kedua bahan ini terbukti bisa menjadi obat jerawat yang mumpuni. Cukup campurkan 1 sdm madu murni dan 1 sdt bubuk kayu manis. Kemudian oleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Masih galau dengan jerawat? Pilihlah salah satu langkah di atas yang paling mudah untuk kamu lakukan. Semua berbahan alami tanpa efek samping. Dengan perawatan rutin, wajahmu tidak hanya terbebas dari jerawat yang membandel, tetapi juga akan mendapatkan kesegaran alami dari bahan-bahan alami tersebut. Selama mencoba.