Eksfoliasi

Campuran antara garam laut dan vitamin E akan menjadi eksfoliator yang baik bagi kulit berminyak. Jangan takut dengan vitamin E yang berminyak karena garam laut, selain ampuh mengangkat sel kulit mati, akan menyerap minyak berlebih. Lagipula, vitamin E dapat menciptakan kulit yang sehat dan glowy. Yang perlu kita lakukan adalah mencampurkan lebih banyak garam laut bersama minyak vitamin E ke dalam wadah lalu diamkan sementara agar tekstur garam laut dapat melembut.

source: http://www.hollywoodhousewife.com/2010/09/vitamin-e-sea-salt-face-scrub.html

Untuk produk sudah jadinya kita dapat mencoba Lavender Salt Scrub dari Trader Joe's.

Cleansing

Untuk kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang banyak mengandung castor oil karena minyak ini akan menutrisi kulit tanpa menambah produksi minyak di wajah. Castor oil dapat menghancurkan minyak yang sudah tertimbun lama di dalam pori-pori. Kita dapat menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak halzenut sebagai altenatif.

Lalu, tambahkan juga tea tree oil atau peppermint oil untuk menyegarkan kulit wajah. Kombinasi bahan yang cocok untuk kulit berminyak adalah 1/3 castor oil dan 2/3 tea tree oil untuk mendapatkan hasil yang lebih seimbang.

source: http://wellnessmama.com/7569/oil-cleansing-method/

How to do it: letakkan handuk hangat di atas wajah selama 20 detik kemudian pijat lembut wajah selama 30 detik menggunakan campuran minyak yang sudah dibuat. Setelahya, gunakan handuk tadi untuk membersihkan wajah.

Pelembap

Toner dari apple cider vinegar sangat baik untuk kulit berminyak karena cuka apel mengandung alpha-hydroxy acid yang dapat mengatasi penyumbatan sebum dengan cara mengikis sel kulit mati. Kita hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air kemudian diamkan sementara di kulkas. Gunakan kapas untuk mengaplikasikannya ke permukaan wajah setiap pagi dan sebelum tidur malam.

source: https://bellatory.com/skin/Best-Toner-for-Oily-Skin-Prevent-Acne-Control-Oil-with-Apple-Cider-Vinegar

Masker

Masker dengan bahan dasar oatmeal dapat menyerap minyak berlebih di wajah dan melembutkan tekstur kulit. Campur 1/2 gelas air panas (bukan mendidih) dan 1/3 gelas oatmeal untuk melunakkan oatmeal. Kita juga dapat mencampurkan 2 sendok makan plain yogurt, 2 sendok makan madu, dan putih telur untuk hasil yang lebih maksimal.

Caranya cukup mudah, yaitu oleskan tipis bahan tadi ke atas wajah lalu diamkan selama 10 sampai 15 menit. Setelahnya, bilas hingga bersih dengan air hangat.

source: http://www.rd.com/health/beauty/homemade-facial-masks-recipes/

Bagaimana, mudah bukan? Daripada menghabiskan uang untuk produk-produk yang belum tentu ampuh mengatasi kulit berminyak, lebih baik mulai sekarang kita beralih ke bahan alami. Lakukan langkah-langkah di atas secara rutin untuk dapat segera bebas dari minyak berlebih di wajah, ya!