Penyebab Kulit Kusam

Kulit adalah bagian terluar yang melindungi organ dalam tubuh manusia. Kulit sangat mendukung penampilan kita terutama kulit wajah. Wajah yang cerah adalah modal utama untuk membuat kita merasa percaya diri, namun tak jarang kusam sering menghampiri dan membuat penampilan tidak menarik lagi. Tahukah kamu apa saja penyebab kulit menjadi kusam? Simak ulasannya berikut ini!

source: http://tipkecantikan.com/kecantikan/kulit-wajah-kering-dan-kusam/
  1. Penumpukan sel kulit mati. Kulit memiliki masa regenerasi yang teratur setiap 30 hari namun kadang kita tidak menyadari masa tersebut. Pada saat regenerasi sel kulit akan terganti dengan sel kulit yang baru, namun tak jarang sel kulit mati yang lama masih menempel. Inilah penyebab utama kulit terlihat kusam.
  2. Pori kulit tertutup. Penggunaan makeup sepanjang hari saat mengganggu kesehatan kulit apabila tidak dibersihkan secara teratur. Kulit sama halnya seperti mahkluk hidup yang butuh bernafas. Nah, apa yang terjadi jika pori tertutup? Sel kulit lebih cepat mengering dan mati.
  3. Tumpukan polutan di kulit. Saat beraktivitas seharian kulit kita akan banyak mengalami kontak dengan udara bebas yang mengandung polutan yang berbahaya untuk kulit. Akibatnya kulit menjadi kusam dan tidak bersinar.
Nah, sekarang apakah yang dapat menolong kulit kita dari kusam yang senantiasa mengintai? Yuk, simak ulasannya bersama!

Kandungan Beras Merah

Beras merah adalah salah satu bahan makanan yang terkenal akan kandungan serat yang tinggi dan rendah gula serta baik untuk mendukung program diet dan penderita diabetes untuk mempertahankan kadar gula. Namun ternyata beras merah juga memiliki kandungan anthocyanins yaitu salah satu jenis antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Selain itu, beras merah memiliki struktur yang lebih padat dibanding beras putih dengan kandungan serat yang lebih tingg. Sangat cocok untuk digunakan sebagai scrub atau eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit secara tuntas.

source: http://food.ndtv.com/food-drinks/white-rice-brown-rice-or-red-rice-which-one-is-the-healthiest-747933

Mau tahu bagaimana cara membuat eksfoliator sederhana untuk hindarkan wajah dari kusam? Yuk, kita buat bersama-sama! 

Scrub Beras Merah

Bahan:

  • 3 sdm beras merah rendam selama 1 jam dalam air biasa
  • 1 sdm plain yogurt
  • 1 sdm madu
  • 1 sdm air lemon atau jeruk nipis
Cara membuat:
  1. Haluskan beras merah yang sudah di rendam dengan blender berkecepatan rendah atau menumbuknya hingga menjadi butiran kecil.
  2. Tambahkan yogurt, madu, dan air lemon atau jeruk nipis pada beras merah yang sudah dihaluskan.
  3. Aduk hingga merata dan scrub beras merah siap digunakan.
source: http://www.womenshealthmag.com/mom/how-to-get-glowing-skin

Cara penggunaan:

  1. Bersihkan wajah dari makeup yang menempel.
  2. Balurkan scrub pada wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar kecil.
  3. Mulai dari kedua belah pipi lalu ke kening dan kemudian ke dagu.
  4. Lanjutkan pada area T wajah tempat banyak sel kulit yang menempel dan komedo berkumpul.
  5. Bilas dengan air bersih setelah penggunaan scrub selama 15 menit.