1. Enggan Mengkonsumsi Buah dan Sayur


Kandungan vitamin dan zat-zat lainnya pada buah dan sayuran selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, juga berperan penting dalam menjaga agar kulit tampak cantik dan sehat. Buah-buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin E sangat dibutuhkan untuk kulit agar tetap sehat.
source: http://jadiberita.com/13805/9-buah-dan-sayur-yang-berpotensi-berbahaya.html

Sayuran Enak untuk Kulit Sehat
URL:   http://kesehatan.kompasiana.com/makanan/2014/10/01/sayuran-enak-untuk-kulit-sehat-677610.html

2. Merokok

source: http://new.spring.me/#!/r/guys-what-do-you-think-about-s/583044164745196057
Nikotin dan zat kimia lain yang ditemukan dalam merokok dapat merusak kolagen dan elastin kulit, sehingga menyebabkan keriput dan garis-garis halus. Merokok juga bisa memberikan pengaruh buruk pada pembuluh darah, membatasi aliran darah, serta mengakibatkan kulit kusam.
source: http://wolipop.detik.com/read/2011/12/15/144328/1792016/234/minum-kopi-tiap-hari-bisa-buat-kulit-tampak-tua

3. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

source: http://www.merdeka.com/sehat/awas-alkohol-bisa-merusak-mata-dan-kulit.html
Alkohol bisa mempercepat proses penuaan dengan membuat kulit kering. Hal ini karena alkohol membuat kulit dehidrasi, sambil 'merampok' vitamin A dalam tubuh.
source: http://www.merdeka.com/sehat/awas-alkohol-bisa-merusak-mata-dan-kulit.html
source: http://www.merdeka.com/gaya/6-akibat-buruk-alkohol-pada-kulit.html
Mengonsumsi alkohol membuat tubuh benar-benar dehidrasi, dan memaksa ginjal untuk bekerja dua kali untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Akhirnya, kulit mulai menjadi benar-benar kering, dan kehilangan kelembaban alami.
source: http://www.merdeka.com/gaya/6-akibat-buruk-alkohol-pada-kulit.html

4. Minum Kopi

source: http://driverlayer.com/showimg?v=g&img=http://healthycoffeeco.com/wp-content/uploads/2014/11/girl-drinking-coffee.jpg&org=http://healthycoffeeco.com/healthy-coffee-benefits-you-need-to-know/&ti=girl-drinking-coffee&hos=healthycoffeeco.com
Kopi bukan hanya menyebabkan munculnya noda gigi, tetapi juga dehidrasi. Dehidrasi ini akan menyebabkan kulit Anda kering dan terlihat tua. Plus, kerutan di sekitar mata akan lebih menonjol ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik.
source: http://health.liputan6.com/read/650092/10-makanan-yang-bisa-bikin-cepat-tua-waspadai

5. Tidak Cukup Minum Air

source: http://www.detiksehat.com/2014/09/penyebab-wajah-tampak-tua.html
Minum air putih kurang dari 8 gelas per hari juga dapat menyebabkan kulit kering dan wajah terlihat tua. Karena minum air putih yang cukup diperlukan untuk kelembaban kulit.
source: http://www.detiksehat.com/2014/09/penyebab-wajah-tampak-tua.html
source: http://extension.usu.edu/waterquality/htm/whats-in-your-water/nitrate

6. Terlalu Sering Mandi atau Mencuci Muka


Kandungan zat kimia pada sabun akan mengikis kelembaban alami kulit jika digunakan secara berlebihan.
source: http://insekes.blogspot.com/2014/07/penyebab-kulit-kering-di-musim-panas.html
Mencuci wajah terlalu sering bisa mengikis kelembaban alami. Akibatnya, kulit lebih rentan iritasi, kemerahan, bahkan lebih banyak jerawat.
source: http://resepcewekcantik.blogspot.com/2014/07/kulit-wajah-rusak-salah-mencuci-wajah.html

7. Mandi dengan Air Hangat

source: http://blog.sendnpay.com/jantung-sehat-dengan-mandi-air-hangat/
Dokter Abraham Arimukho dalam acara Dove di Ciputra Artpreneur, Kamis 14 Juni 2012, mengungkapkan, mandi dengan air yang terlalu panas bisa menghilangkan pelembab alami kulit. Efeknya, kulit jadi kering dan membuatnya tampak kusam.
source: http://news.viva.co.id/news/read/325330-awas--kulit-kering-karena-mandi-air-hangat

8. Terlalu Sering Berenang

source: http://heartbreakhypnotist.com/?attachment_id=812
Kolam renang umumnya mengandung klorin yang digunakan untuk menjernihkan air. Bahan ini bisa membuat kulit kering dan menghilangkan kelembabannya. Ditambah lagi, klorin akan tetap tertinggal di kulit bahkan ketika Anda sudah mandi.
source: http://ayokupas.com/2014/11/02/6-kebiasaan-yang-tanpa-di-sadari-bisa-merusak-kulit-secara-perlahan/
source: http://ayokupas.com/2014/11/02/6-kebiasaan-yang-tanpa-di-sadari-bisa-merusak-kulit-secara-perlahan/

9. Begadang

source: http://www.bonboncosme.com/bonboncosme/menangkal-efek-kurang-tidur-perawatan-wajah-yang-perlu-diketahui-oleh-kamu-yang-suka-begadang/
Efek dari kurang tidur antara lain adalah kulit kering dan kasar disertai efek terangsangnya saraf simpatik yang mengakibatkan penghasilan minyak yang abnormal dan pembesaran pori-pori kulit. Apalagi malam hari adalah waktunya kulit untuk memulihkan diri dengan menggunakan oksigen, sari makanan dan air yang dibawa oleh darah. Saat begadang, sebagian besar darah akan terkumpul di kepala sehingga kulit akan kekurangan zat yang diperlukannya untuk memulihkan diri.
source: http://www.bonboncosme.com/bonboncosme/menangkal-efek-kurang-tidur-perawatan-wajah-yang-perlu-diketahui-oleh-kamu-yang-suka-begadang/
Nah, apakah kamu melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas? Jika iya, maka kurangilah kebiasaan-kebiasaan tersebut mulai dari sekarang dan sayangi kulit kamu, yuk!