Cara Membuat Lulur Kombinasi Kopi dan Essential Oil

Resep lulur yang akan diberikan kali ini adalah lulur kopi. Kenapa? Sebab kopi termasuk salah satu bahan alami yang sangat mudah kamu dapatkan serta pembuatannya yang sangat mudah. Selain itu, dengan memanfaatkan kopi, kamu juga akan mendapatkan banyak manfaat untuk kulit. 

Manfaat kopi untuk kecantikan antara lain untuk mengencangkan kulit, mengangkat sel-selu kulit mati, mencerahkan kulit, hingga mengatasi stretch mark dan selulit. Nah, berikut cara untuk membuat lulur alami yang wangi.

source: http://www.auracacia.com/community/recipe/Coffee-Body-Scrub-with-Cacao-Nibs-and-Vanilla-Essential-Oil

1. Siapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Siapkan bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat lulur kopi. Bahan yang kamu butuhkan adalah kopi, minyak zaitun, serta beberapa essential oil. Minyak inilah nantinya yang akan memberikan efek wangi pada lulur kamu.Sebelumnya, perhatikan takaran essential oil berikut sesuai dengan jenis kulit kamu.

  • Jika kulit kamu normal, tambahkan 10 tetes minyak lavender, 6 tetes minyak geranium dan 4 tetes minyak alang-alang.
  • Jika kulit kamu berminyak, tambahkan 8 tetes minyak cendana, 6 tetes minyak lemon, dan 6 tetes minyak lavender.
  • Untuk kulit kering, kamu bisa menambahkan 8 tetes minayk cendana 6 tetes minyak geranium dan 6 tetes minyak mawar.
  • Bila kamu memiliki kulit sensitif, tambahkan 6 tetes minyak chamomile, 4 tetes minyak mawar dan 2 tetes minyak neroli.

2. Campurkan Kopi dan Zaitun

Setelah bahan siap dan diseuaikan dengan jenis kulit kamu, campurkan kopi bubuk dengan minyak zaitun pada suatu wadah dan aduk hingga jadi pasta.  

 

source: http://www.healthyfoodhouse.com/homemade-coffee-scrub-for-glowing-skin-made-with-only-2-ingredients/

3. Tambahkan Essential Oil

Setelah kopi dan minyak zaitun tercampur, tambahkan essential oil sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Jika terlalu encer, tambahkan bubuk kopinya hingga adonan menjadi pasta.

4. Lakukan Scrubing

Nah, sekarang lulur alami dengan berbagai manfaat buatan kamu sendiri telah selesai. Sebagaimana lulur lainnya, balurkan lulur ini ke seluruh tubuh kamu sambil digosok-gosok dengan lembut. Rasakan sensasi wanginya saat kamu memakainya hingga saat kamu selesai membasuh tubuh kembali.

source: http://thespicystiletto.com/diy-black-sand-scrub

Cukup mudah, bukan? Dengan memanfaatkan bahan alami, kamu bisa mendapatkan bau tubuh yang begitu wangi dan tahan lama. Ditambah lagi essential oil tersebut bersifat aromatherapy yang menenangkan.