Penyebab dan Pemicu Bau Badan

Pada dasarnya, bau badan disebabkan oleh keringat yang merupakan hasil seksresi mengandung dua senyawa yang berbau tajam. Senyawa tersebut adalah asam yang dikenal dengan sebutan propionat dan asam isovalerik. Asam propionate dihasilkan secara alami oleh tubuh, sedangkan asam isovalerik dihasilkan oleh bakteri pemakan keringat. 

Semakin banyak keringat yang diproduksi oleh tubuh, maka semakin banyak bakteri pemakan keringat yang menghasilkan asam isovalerik yang menimbulkan badan. Keringat-keringat tersebut biasanya muncul pada area-area seperti ketiak, lipatan-lipatan daging, punggung hingga wajah. Area tubuh yang paling berkeringat dan berpotensi menyebabkan bau badan adalah ketiak. Munculnya keringat yang berlebihan sehingga menyebabkan bau badan, dipicu oleh beberapa faktor berikut ini:

1. Banyak Aktivitas

Pemicu paling besar dari munculnya keringat adalah aktivitas. Semakin banyak aktivitas, semakin banyak keringat yang bisa dikeluarkan. Kita dapat melihat para pekerja yang menggunakan tenaga serta olahragawan cenderung memiliki keringat lebih banyak.

source: http://www.dailymail.co.uk/femail/article-2520030/Tis-season-jogging-Women-run-hours-burn-calories-consumed-Christmas-Day.html

2. Terkena Cahaya Matahari

Cahaya matahari juga membuat produksi keringat menjadi lebih banyak. Itulah sebabnya kita cenderung lebih berkeringat saat siang hari daripada malam hari.

source: https://www.banyantreatmentcenter.com/creatures-of-sunshine/

3. Badan Kurang Bersih

Selanjutnya yang paling menyebabkan keringat menjadi bau adalah kondisi badan yang kotor. Keringat yang melekat pada tubuh apabila bercampur dengan bakteri pemakan keringat beserta kotoran lainnya membuat kombinasi yang sangat buruk, bahkan menyebabkan bau badan juga menjadi buruk.

4. Makanan Berbau Tajam

Ada yang tidak memiliki bau badan yang buruk, namun terkadang bau muncul juga dari tubuh kamu. Hal ini bisa jadi adalah pengaruh makanan yang kamu makan. Makanan juga berpengaruh terhadap keringat karena keringat membawa sisa-sisa makanan tersebut melalui sistem sekresi. Makanan-makanan berbau tajam seperti bawang merah, bawang putih, pete, jengkol, toge bisa  menyebabkan keringat dan menjadi bau yang berakibat pada bau badan.

source: http://www.bintang.com/sex-health/read/2382514/terapi-kesehatan-dengan-pete-bikin-umur-kamu-panjang

Cara Menghindari Bau Badan

Untuk menghindari bau badan, hal terpenting yang bisa kamu lakukan adalah menghindari badan terlalu banyak keringat. Artinya kamu harus menghindari pemicu-pemicu keringat berlebih yang telah disebutkan di atas. 

Untuk bekerja di dalam ruangan, kamu bisa menggunakan AC agar keringat tidak muncul terlalu banyak. Namun jika rutinitas kamu sehari-hari mengharuskan aktivitas-aktivitas yang memeras keringat, maka rajin-rajinlah menjaga kebersihan badan agar badan tidak menjadi sarang bakteri pemakan keringat.

source: http://www.todayshomeowner.com/conditioners-from-maintenance-buying/

Perhatikan juga kebersihan pakaian yang kamu pakai. Hindari penggunaan pakaian yang sama setelah mandi karena pakaian tersebut sudah mengandung keringat bahkan bakteri yang bisa menyebabkan bau badan.

Jika kamu memang mudah sekali berkeringat sehingga sulit untuk menghindari bau badan, pakailah deodorant untuk menghambat pengeluaran keringat berlebilah. Jangan lupa juga untuk menyemprotkan parfum setelah mandi sehingga bisa mengalahkan bau keringat kamu. Atau kamu juga bisa memakai herbal penghilang bau badan seperti G-OX Fresh atau merek lainnya.

source: http://lamalifherbal.com/g-ox-fresh-sabun-mengatasi-bau-badan-2/