Bagi wanita, Miss V merupakan salah satu organ yang paling sensitif. Meski termasuk bagian tubuh yang tidak terlihat, namun bagaimanapun Miss V mendapatkan perhatian yang cukup besar dalam hal perawatannya. Ini tidak lain karena Miss V merupakan bagian paling penting dan sangat berharga. Kalau Miss V tidak sehat akan sangat berbahaya karena bisa berpengaruh pada vitalitas. 

Namun gangguan pada Miss V sering terjadi. Sebagian besar wanita mengeluhkan beberapa masalah pada miss V mereka. Di antara masalah tersebut bisa berupa iritasi, rasa gatal dan bau tidak sedap. Dari masalah tersebut yang paling banyak dialami adalah bau pada miss V. Mungkin kamu bingung kenapa tiba-tiba organ intim kamu tiba-tiba mengeluarkan bau tidak sedap. Nah, ini beberapa hal yang menyebabkan bau tidak sedap pada Miss V yang perlu kamu ketahui sebagai pencegahan penyakit yang lebih serius.

source: http://health.kompas.com/read/2016/06/12/220500823/8.Cara.Menjaga.Kesehatan.Miss.V.

1. Miss V Kurang Bersih

Penyebab yang paling signifikan dari bau tidak sedap pada Miss V adalah masalah kebersihan. Miss V yang tidak bersih menjadi tempat bagi bakteri dan kuman untuk berkembang. Miss V yang tidak bersih biasanya dipicu oleh kondisi Miss V yang lembap. Saat Miss V lembap,  pH nya menjadi tidak seimbang sehingga menyebabkan bakteri berkembang dan memproduksi zat asam yang menimbulkan bau. 

2. Terjadinya Infeksi Jamur dan Keputihan

Kurangnya kebersihan Miss V, apalagi kondisi Miss V yang lembap menyebabkan jamur tumbuh dan menginfeksi Miss V. Infeksi jamur biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal pada Miss V. 

Rasa gatal tersebut juga diikuti oleh sensasi panas dan keluarnya cairan putih yang kita kenal dengan nama keputihan. Nah, infeksi jamur serta cairan keputihan inilah yang menyebabkan adanya bau tidak sedap pada Miss V.

source: http://health.liputan6.com/read/2270059/6-kiat-ini-agar-miss-v-beraroma-segar

3. Penyakit-Penyakit Seksual

Bau tidak sedap pada Miss V juga bisa disebabkan oleh penyakit kelamin atau penyakit seksual. Di antara penyakit seksual tersebut adalah Klamidia dan Gonore. Penyakit ini menyebabkan bau Miss V menjadi sangat busuk. Sayangnya, penyakit ini tidak mudah mengenalinya, kecuali jika sudah terasa perih saat buang air kecil pada Miss V.

4. Pengaruh Hormon Saat Menstruasi

Hormon juga  berpengaruh dalam menyebabkan bau tidak sedap pada Miss V, terutama pada siklus menstruasi. Bau tidak sedap pada Miss V yang diakibatkan oleh hormon ini paling sering terjadi saat setelah selesai menstruasi. Saat setelah menstruasi biasanya wanita akan mengeluhkan bau pada Miss V mereka.

source: http://health.kompas.com/read/2015/05/05/110000123/Selain.Nyeri.Haid.Kenali.Tanda.Lain.Endometriosis

5. Keringat yang Berlebihan

Bau pada Miss V juga bisa disebabkan oleh keringat yang membuat Miss V menjadi lembap. Pemicunya adalah pemilihan celana dalam yang tidak menyerap keringat. Akibatnya, keringat tercampur dengan lendir Miss V. Itulah yang menyebabkan Miss V menjadi berbau tidak sedap.

6. Makanan-Makanan Berbau Tajam

Makanan tertentu juga bisa memicu bau pada Miss V. Kenapa? Sebab sisa-sisa makanan yang berbentuk urine akan keluar melalui Miss V. Itu artinya urine bisa mengontaminasi Miss V dan menyisakan aromanya. Makanan berbau tajam tersebut seperti jengkol, petai dan obat-obatan.

source: http://seputarimformasiberitaterkini.blogspot.co.id/2015/09/jangan-remehkan-manfaat-jengkol-dan-pete.html

Untuk wanita yang sudah berkeluarga, memiliki bau yang kurang sedap pada Miss V bisa
menyebabkan krisis percaya diri hingga mengganggu keharmonisan hubungan suami istri. 
Jadi pastikanlah untuk selalu  menjaga Miss V kamu dengan cara menghindari penyebab-penyebab Miss V menjadi bau di atas.

Bagaimanapun, mencegah tentu jauh lebih baik dari mengobati bukan? Sebelum hal buruk terjadi dengan organ intim, sebaiknya mengantisipasi secara dini. Jika kamu memakai produk pengharum Miss V seperti Ratus V Spray, Nes V dan daun sirih bisa jadi alternatif tapi kalau kurang yakin sebaiknya dengan konsultasi dokter.

source: http://www.hbshop.biz/2012/05/nes-v-rp190000.html