Dalam istilah medis bau mulut dikenal dengan halitosis. Kondisi ini sering dikhawatirkan oleh banyak orang sebab bau mulut bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang dalam berkomunikasi. Memiliki bau mulut akan membuat seseorang risih dan malu untuk berbicara karena takut bau mulutnya tercium oleh lawan bicara.

Masalah ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja, mengingat kita sebagai manusia selalu butuh untuk bersosiasilasi satu sama lain. Oleh sebab itu, permasalah bau mulut harus segera diatasi. Sebagian orang menggunakan obat kumur tertentu untuk mengatasi bau mulut. Ada pula yang menyiasatinya dengan mengunyah permen. Tapi tahukah kamu,
bahan-bahan alami juga bisa menjadi solusi untuk mengatas bau mulut.

Bahan alami berikut bahkan dipercaya lebih ampuh dan lebih aman daripada obat kumur yang cenderung berbahan kimia. Apa sajakah bahan alami tersebut? Berikur daftar bahan alami penghilang bau mulut beserta caranya untuk kamu.

1. Memanfaatkan Daun Sirih

Daun sirih memang merupakan daun yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan bau, termasuk bau mulut. Hal ini disebabkan oleh aromanya yang harum dan kandungan antioksidannya yang bisa membunuh bakteri. Cara pemanfaatannya adalah dengan berkumur-kumur dengan air rebusan daun sirih tersebut. Lakukan setiap pagi.

source: http://www.megagroupbd.com/betelLeaf.html

2. Buah-buahan dengan Kandungan Vitamin C

Kamu juga bisa mengatasi bau mulut dengan banyak mengonsumsi buah-buahan terutama buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti apel, jeruk, buah
pir, jambu dan lemon. Buah-buahan bisa merangsang produksi air ludah sehingga ludah terhindar dari kekeringan yang juga merupakan penyebab bau mulut. Antioksidan pada vitamin C-nya juga akan membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

source: http://www.skdhospital.com/kidney-disease/Learn-Kidney-Disease/Purpura-Nephritis/How-to-diet-healthily-with-Henoch-Schonlein-Purpura-Nephritis_9-9.html

3. Mengonsumsi Teh Hijau

Selain buah-buahan, teh hijau juga mengandung antioksidan yang baik sehingga dapat membunuh bakteri yang ada di dalam mulut. Konsumi teh hijau setiap hari agar bau mulut cepat hilang.

source: http://www.medicalnewstoday.com/articles/269538.php

4. Menggunakan Kencur

Salah satu penyebab bau mulut adalah terjadinya kenaikan asam lambung. Naiknya asam lambung bisa dipicu oleh faktor makanan, atau perut terlalu kosong. Untuk mengatasi bau mulut akibat asam lambung ini, kamu bisa memanfaatkan kencur. Kencur memiliki kandungan yang bisa menahan asam lambung agar tidak naik.

Dengan demikian, otomatis mengurangi resiko bau mulut. Untuk mengatasi bau mulut dengan kencur adalah dengan mengunyah kencur tersebut. Saat mengunyahnya, telanlah airnya dan buang ampasnya.

source: http://www.herbalicity.com/jamu-for-herbal-drink/lesser-galangal-rice-for-body-tiredness.html

Demikianlah 4 bahan alami yang bisa mengatasi permasalah bau mulut kamu. Bahan-bahan tersebut cukup mudah ditemukan di sekitar kita terutama buah-buahan. Jadi kamu bisa mencobanya sebagai solusi untuk bau mulut kamu. Tapi yang paling penting adalah tetap menjada kebersihan gigi kamu. Sebab percuma mengobati namun masih melakukan dan membiarkan hal-hal yang menyebabkan bau mulut.  

Rajin-rajinlah menggosok gigi setiap pagi dan menjelang tidur agar sisa makanan tidak menjadi karang gigi penyebab bau. Hindari juga makanan-makanan beraroma kuat seperti jengkol, pete, ikan asin dan bawang merah karena makanan tersebut juga memicu bau mulut yang kurang sedap. Ingat, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Jika kamu malas mengolah herbal, kamu juga dapat menggunakan cairan antiseptik mouthwash seperti Listerine atau merek lainnya yang kamu suka.

source: http://drperrone.com/blog/2012/09/page/2/