Penggunaan henna belakangan ini menjadi trend baik untuk hari pernikahan maupun untuk sehari-hari. Selain pemilihan desainnya agar terlihat indah, pemasangan henna harus memperhatikan beberapa hal seperti keamanan dan juga kualitasnya. Berbicara tentang kualitas, henna harus dapat awet di kulit dan tidak mudah pudar agar henna terlihat cerah dan bagus saat dipakai.
 
Namun, untuk membuat henna tahan lama di kulit tidak bisa dibilang mudah karena membutuhkan persiapan khusus. Jika kamu bingung karena henna yang dipakai mudah hilang, simak ulasan di bawah ini untuk mendapatkan henna kesukaanmu dapat tahan lama:

1. Lapisi dengan Minyak

Sebelum mengaplikasikan henna pada kulit, oleskan terlebih dahulu minyak pada area yang akan dilukis dengan henna. Kamu bisa menggunakan minyak sayur biasa dengan tujuan henna bisa meresap pada kulit.

source: https://www.youtube.com/watch?v=Xum19hf9cZ8

2. Panaskan Suhu Kulit

Tahukan kamu, suhu kulit secara tidak langsung turut mempengaruhi tahan atau tidaknya henna pada kulit. Semakin tinggi suhu tubuh, henna akan semakin awet di kulit. Kamu tidak harus memanaskan suhu tubuh secara keseluruhan. Kamu cukup menghangatkan suhu tangan kamu saja. 

Caranya cukup sederhana yaitu dengan membungkus tangan kamu beberapa saat dengan tisu lalu dilapisi dengan plastik. Ingat, sebelum membungkus tangan, kamu harus membuat desainnya terlebih dahulu.

source: https://veronicascornucopia.com/2011/07/06/how-to-henna-your-hair/attachment/3159/

3. Tambahkan Essential Oil pada Henna Bubuk

Jika kamu menggunakan henna bubuk, tambahkan essential oil agar warna yang dihasilkan lebih kuat dan tahan lama. Di samping itu, kamu juga dapat menambahkan minyak kayu putih karena mengandung zat bernama terpinol yang punya kemampuan meningkatkan warna henna. Selain minyak kayu putih, bisa juga digantikan dengan minyak zaitun atau minyak lavender. Takarannya adalah 5 ml untuk setiap 10 gram henna bubuk.

4. Tambahkan Jeruk Nipis pada Pasta Henna

Jika henna yang kamu gunakan berbentuk pasta, tambahkan jeruk nipis untuk mengeluarkan warnanya. Jeruk nipis juga membuat henna tahan lebih lama pada kulit.

5. Keringkan dengan Suhu Panas

Henna akan tahan lebih lama apabila dikeringkan dengan suhu yang panas. Jadi setelah menggunakan henna, kamu dapat memanfaatkan pengering rambut untuk mengeringkan henna.

source: http://www.hennakim.com/

6. Minyaki Saat Mandi

Pada umumnya, henna akan memudar secara perlahan jika terkena air. Saat kamu mandi, henna kadang menjadi rusak apalagi kalau kulit digosok dengan kuat. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa memanfaatkan minyak sayur. Minyak bisa melindungi kulit dari air sehingga bisa mempertahankan henna pada kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak sayur menggunakan tissue sebelum mandi pada kulit yang ada henna.

7. Hindari Penggunaan Lotion dan Menggosok Kulit

Henna kamu secara tidak langsung juga akan pudar apabila terkena lotion. Jadi saat kamu menggunakan lotion, sebaiknya lebih hati-hati. Kalau bisa hindari dahulu pengguaan lotion untuk sementara waktu. Hal ini akan membantu membuat henna kamu tahan lebih awet. Hindari juga menggosok kulit kamu saat mandi agar tidak terangkat.

source: http://shop.morroccomethod.com/Natural-Hair-Color

Demikianlah beberapa tips dan trik agar henna kamu bisa lebih tahan lama di kulit. Jadi jangan lupa untuk menerapkannya, ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika masih bingung menggunakan henna apa, mungkin dapat mencoba black mim henna yang juga dapat digunakan pada rambut.