1. Terlalu Banyak Menggunakan Produk Foundation

Produk foundation yang akan kamu gunakan bukan berfungsi untuk mengubah wajahmu menjadi seperti topeng, tetapi berfungsi untuk meratakan warna kulit yang tidak sama. Jangan menggunakan produk foundation terlalu banyak atau terlalu tebal, karena bisa menumpuk di lipatan kulit seperti di sekitar mata, smile line, dan ujung bibir. Kesan cakey atau kaku akan kamu dapatkan jika kamu mengaplikasikan produk foundation terlalu banyak.

Untuk mengaplikasikan foundation yang berbentuk cream, sebaiknya kamu menggunakan sponge atau beautyblender yang sudah dilembapkan dengan air terlebih dahulu. Sedangkan untuk mengaplikasikan foundation yang bertekstur cair, sebaiknya kamu menggunakan kuas untuk hasil terbaik.

2. Foundation Kurang Membaur

Kesalahan berikutnya adalah foundation kurang menyatu atau membaur sempurna dengan kulit wajahmu. Untuk kulit kering, sebaiknya kamu menggunakan foundation yang bertekstur cair atau liquid. Untuk mengaplikasikan foundation cair, pakailah brush khusus untuk foundation. Cara memakainya yaitu dengan mengoleskan brush pada foundation yang sudah dikeluarkan pada punggung tangan, kemudian mengoleskannya pada wajahmu. Blend hingga foundation menyatu sempurna di wajahmu.

Sedangkan untuk kamu yang mempunyai kulit yang berminyak, gunakan foundation yang memiliki kandungan bebas minyak. Sebaiknya gunakan foundation dengan tekstur cream. Untuk mengaplikasikan cream foundation, kamu bisa menggunakan sponge atau beautyblender yang sudah dilembapkan dengan air. Setelah sponge lembap, tepuk-tepuk pada produk foundation kamu dan rataan pada kulit wajahmu. Saat menggunakan foundation cream, sebaiknya kamu tidak melakukan gerakan mengusap, tetapi lakukan gerapan menepuk-nepuk. Tapi, jangan menekan terlalu keras, ya. Menekan sponge pada wajah dengan tekanan yang terlalu keras bisa memicu wajahmu mengeluarkan minyak yang lebih banyak.

3. Tidak Memakai Produk Skincare Sebelum Memakai Foundation

Produk skincare wajib kamu aplikasikan sebelum menggunakan produk makeup apapun di wajahmu. Produk skincare akan membuat kulitmu lembap dan siap untuk menerima foundation yang akan kamu aplikasikan. Jangan lupa juga pakai produk sunblock khusus untuk wajah dengan kandungan SPF di dalamnya. SPF atau tabir surya memastikan kulitmu aman dari sinar ultraviolet yang bisa merusak kulitmu.

Nah, itulah tadi 3 kesalahan yang sering terjadi dalam mengaplikasikan makeup. Mulai sekarang, hindari 3 kesalahan tersebut, ya. Menghindari 3 kesalahan tersebut bisa membuat kulitmu cerah dan segar berkat foundation yang menempel dan membaur sempurna di wajahmu.