1. Pilih Lipstik Jenis Matte

Jika kamu ingin lipstik  yang tahan lama, maka pilihlah lipstik matte yang mempunyai tekstur kering dan bebas minyak. Lipstik jenis ini  merupakan lipstik yang paling tahan lama digunakan. Apakah saat ini kamu sudah memiliki koleksi lipstik matte? Jika belum, sebaiknya diusahakan membeli. theBalm Meet Matte Hughes merupakan salah satu lipstik matte yang cukup digemari dengan kualitas yang bagus.

source: http://makeuptutorials.com/best-matte-lipsticks-makeup-tutorials/

2. Gunakan Foundation pada Bibir

Langkah pertama, oleskan foundation terlebih dahulu pada bibir kamu supaya saat lipstik dioleskan, lisptik melekat dengan kuat pada foundation sebagaimana bedak. Kenapa tidak langsung pada kulit bibir? Sebab kulit kita cenderung licin sehingga lipstik tidak melekat dengan kuat. Selain agar melekat kuat, penggunaan foundation juga bertujuan untuk menyamarkan garis-garis pada bibir agar tidak terlihat pecah-pecah saat lipstik dipakaikan.

source: http://fotogallery.donnaclick.it/bellezza/198603/rossetti-rosa-per-la-primavera-estate-2015/2/

3. Diamkan Selama 3 Menit dan Tambahkan Lip Balm

Setelah foundation digunakan, diamkan dulu selama 3 menit agar foundation menempel pada kulit bibir dengan baik. Kemudian oleskan lip balm setelahnya untuk memberi lapisan ekstra pada bibirmu.

source: http://www.boldsky.com/beauty/make-up-tips/2014/lipstick-shades-for-dark-lips-037169.html

4. Gunakan Lip Liner untuk Membentuk Bibir

Sebelum  mengaplikasikan lipstik, terlebih dahulu gunakan lip liner pada garis bibir kamu. Pensil bibir ini bertujuan untuk memberikan intensitas warna pada bibir agar terlihat tahan lama. Sehingga jika warna lipstik hilang, masih ada warna dari lip liner yang menempel pada bibirmu.

5. Aplikasikan Lipstik

Selanjutnya, aplikasikan lipstik kamu. Akan lebih baik jika kamu menggunakan kuas untuk mengaplikasikan lipstik agar lebih rata pada bibir kamu. Sebagaimana telah disebutkan, pilihlah lipstik matte yang bertahan lebih lama di bibir. Hindari lipstik berminyak karena lipstik ini cenderung mudah pudar warnanya.

source: http://www.usmagazine.com/celebrity-beauty/pictures/best-matte-lipsticks-you-need-to-own-right-now-w166717

6. Tempelkan Tissue Kering

Kita punya kebiasaan mengatupkan kedua bibir setelah memasang lipstik. Hal tersebut kita lakukan untuk meratakan lipstik. Jika kamu ingin lipstik kamu tahan lama, saat mengatupkan dua bibir, letakkanlah tissue kering di antara bibir kamu. Hal ini bertujuan agar minyak pada lipstik diserap oleh tissue tersebut. 

Kenapa minyak harus diserap? Sebab minyak tersebut bisa luntur dan menyebabkan lipstik jadi tidak bertahan lama. Semakin sedikit minyaknya, maka semakin
lama lipstik tersebut bisa tahan pada bibir. 

source: http://www.stylecraze.com/articles/how-to-prevent-your-lipstick-from-smudging-and-fading-tutorial/

Nah, itulah beberapa tips mudah agar lipstik bisa bertahan lama pada bibir kamu. Semakin lama lipstik tahan di bibir, semakin lama pula wajah kamu terlihat fresh tanpa harus mengoleskan lipstik tiap saat. Sudah siap mencoba langkah di atas?