Langkah Pertama: Milk atau Oil Cleanser

Seharian beraktivitas membuat wajah terkena berbagai kotoran yang dapat menempel dan menyumbat pori kulit. Belum lagi makeup yang telah menempel selama seharian jika tidak dibersihkan pastinya akan sangat berdampak pada kesehatan kulit. Tahukah kamu bahwa zat yang menempel pada wajah ada yang tidak bisa dibersihkan dengan air saja?

Untuk itu, kita perlu membersihkan wajah dengan bahan yang mampu mengikat minyak. Milk cleanser dan oil cleanser adalah pilihan tepat untuk membersihkan wajahmu.

source: http://wolipop.detik.com/read/2013/07/14/120559/2301999/234/4-syarat-dapatkan-kulit-wajah-sempurna-selain-pakai-produk-perawatan

Cara membersihkan:

  1. Oleskan sedikit milk cleanser pada bagaian wajah seperti dagu, pipi, hidung, dan dahi.
  2. Usapkan milk cleanser yang telah menempel di wajah dengan gerakan memutar selama 2 menit.
  3. Bersihkan wajah dengan kapas pembersih.

Langkah Kedua: Air Hangat

Jika kamu menggunakan makeup tebal yang memiliki konsentrasi pekat, kamu pasti akan kesulitan untuk menghapusnya. Maskara dan eyeliner cenderung masih menempel di wajah meski kita sudah membersihkannya dengan makeup remover muapun milk/oil cleanser.

Kamu dapat menggunakan air hangat untuk mengatasi masalah ini. Air hangat tidak hanya dapat mengangkat kotoran yang membandel namun juga mampu membuka pori wajah sehingga kotoran yang menyumbat pori dapat dikeluarkan.

source: http://kabardunia.com/health/10636-lebih-baik-air-hangat-dibanding-air-es-usai-makan-ini-dia-alasannya.html

Cara membersihkan:

  1. Celupkan kapas wajah pada air hangat.
  2. Tempelkan kapas tersebut selama kurang lebih 10 detik pada bagian yang masih memiliki sisa makeup yang akan dihapus.
  3. Tekan kapas untuk membersihkan makeup tersebut.

Langkah Ketiga: Face Wash

Langkah ketiga ini adalah langkah umum yang selalu kita lakukan setiap hari, yaitu membersihkan wajah dengan bantuan sabun muka dan air seperti biasa. Proses ini bertujuan untuk mengangkat sisa makeup dan kotoran yang tidak ikut terangkat saat dibersihkan dengan milk/oil cleanser ataupun air hangat.

source: http://www.beautyforeternity.com/2015/05/correct-way-to-wash-face-5-steps-to.html

Sabun memiliki daya ikat yang kuat terhadap kotoran, gunakan sedikit saja untuk membersihkan wajah karena pemakaian berlebih dapat merusak pH kulit dan menghilangkan kelembapan kulitmu.

Langkah Keempat: Toner

Langkah terakhir untuk membersihkan wajah adalah penggunaan toner. Toner penting untuk mengangkat sisa sabun yang masih menempel pada kulit dan memeri nutrisi serta kelembapan pada kulit sehingga kulit senantiasa tampak segar.

source: https://www.cantik.com/blog/2015/08/11/face-toner-fungsi-dan-cara-memilihnya/

Dengan menerapkan empat langkah pembersihan makeup maka kulitmu akan terhindar dari serangan jerawat maupun komedo yang dapat mengganggu penampilan kulit cantikmu. Selamat mencoba!