Scrub Bibir

Dengan eksfoliasi, kulit mati di bibir dapat terkelupas sehingga membuat bibir tidak cepat kering dan selalu terlihat sehat. Dengan cara ini, kamu akan jarang mendapati bibirmu pecah-pecah lagi dan hal itu tentunya menjadi faktor dasar yang membuat lipstick dapat tahan lama di bibir.

Eksfoliasi bisa dengan cara alami yaitu campurkan lemon, madu dan gula secukupnya dan gosok perlahan pada permukaan bibir. Kalau ingin yang lebih praktis, cobalah produk lip exfoliator dari e.l.f.

Gunakan Lip Primer

Primer tidak hanya diciptakan untuk wajah saja namun sekarang ada yang namanya lip primer. Lip primer berfungsi untuk membuat warna lipstick lebih nyata dan tahan lama di bibir. Bentuknya bermacam-macam, salah satunya crayon seperti NYX Lip Primer. Produk baru dari NYX ini akan membuat bibir kamu layaknya kanfas yang halus dan siap untuk dilukis.

Gunakan Lip Liner

Setelah mengaplikasikan lip primer, saatnya untuk mempertegas bentuk bibirmu dengan lip liner. Jangan hanya menggambar outline bibir saja tapi penuhilah bibirmu dengan lip liner dengan warna yang menyerupai warna lipstick yang akan kamu pakai. Carilah lip liner yang tidak akan membuat bibirmu kering. Contohnya seperti MAC Lip Pencil. Jika sewaktu-waktu lipstick sedikit pudar, kamu tidak akan kehilangan warna di bibirmu berkat lip liner.

Aplikasikan Lipstick

Setelah selesai dengan lip liner, mulailah aplikasikan lipstick diatas lip liner tersebut. Untuk membuat hasil yang lebih presisi, gunakan lip brush. Dengan lip brush kamu dapat mengontrol intensitas warna dan hasilnya pun tidak akan acak-acakan.Untuk hasil yang maksimal, carilah lipstick yang memang tahan lama.

Blot

Langkah ini sebenarnya opsional. Jika kamu menggunakan liquid lipstick, sebenarnya tidak perlu melakukan tahap ini karena liquid lipstick terlebih lagi yang matte, memiliki formula yang cepat kering dan hasil yang sangat matte. Namun, jika kamu menggunakan lipstick padat maupun yang lainnya yang tidak matte, kamu bisa menggunakan tisu untuk menge-blot agar sisa-sisa minyak dari produk lipstick tidak menempel di bibir. Caranya hanya menempelkan tisu di antara bibir atas dan bawah, tekan selama beberapa detik dan lepaskan.