1. Salah Pilih Warna

Kesalahan umum yg dilakukan wanita sebelum membeli foundation adalah tidak mengulaskan foundation di tangan atau pergelangan tangan. Melihat warna foundation di tempat pasti berbeda ketika kamu mencobanya pada kulit. Setiap orang mempunyai warna kulit yang berbeda. Pilihlah tiga warna dari terang ke gelap dan cobalah di tangan. Pilihlah warna yang mirip dengan warna kulit, agar kamu tampil lebih natural.

2. Salah Pilih Formula untuk Tipe Kulit

Setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda. Untuk kulit kering, foundation dengan hasil akhir bercahaya akan memberikan kelembapan kepada wajah. Sedangkan hasil semi-matte pas untuk kulit kombinasi. Jika kulitmu berminyak, foundation matte dapat memberikan penampilan wajah bebas kilap.

JIka kamu salah memilih kategori formula yang pas untuk jenis kulit, makeup yang dihasilkan tidak akan maksimal. Contohnya kulit berminyak menggunakan foundation dengan tekstur creamy. Tekstur ini lebih cocok ditujukan untuk kulit kering. Akhirnya wajah menjadi lebih berminyak dan pori-pori wajah tersumbat, sehingga memunculkan jerawat.

3. Wajah Masih Basah

Jangan memakai foundation dikala wajah masih dalam keadaan basah. Setelah mencuci muka, keringkan wajah dengan handuk sampai benar-benar kering. Jika kamu memakai pelembap, biarkan meresap selama 1-2 menit, baru mengoleskan foundation. Hal ini untuk menghindari pemakaian yang tidak merata pada foundation akibat tercampurnya 2 dasar bedak menjadi satu.

4. Terlalu Tebal atau Telalu Tipis

Pakailah foundation sesuai kebutuhan wajah dan leher. Tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Foundation yang terlalu tebal akan menghasilkan riasan yang tidak bagus seperti topeng, sedangkan pemakaian yang terlalu tipis tidak akan menyamarkan kekurangan wajahmu.

5. Memakai Tangan untuk Meratakan

Banyak dari kamu yang menggunakan jari untuk meratakan foundation, dan cara ini meninggalkan garis-garis yang terlihat tidak natural di wajah. Selain itu, warnanya juga tidak menyatu dengan warna kulit wajah, sehingga hasilnya bisa belang. Biasakan meratakan foundation dengan spons yang tidak ada pinggirannya (spons berbentuk telur), karena spons ini akan meratakan warna sehingga hasilnya lebih natural.

6. Mengoleskan Foundation Hanya di Wajah

Salah satu dari kesalahan fatal yang sering kamu lakukan saat menggunakan foundation adalah tidak mengaplikasikannya sampai garis leher, sehingga wajah dan leher terlihat belang dengan dua warna kulit yang berbeda. 

 

Riasan wajah yang sempurna adalah dambaan semua wanita. Ikuti tips di atas agar kamu mendapatkan hasil makeup yang maksimal dengan riasan natural tetapi tetap segar.