Mencuci Tangan

Tidak hanya sebelum makan saja kamu harus mencuci tangan. Untuk urusan membersihkan makeup pun kamu harus mencuci tangan terlebih dahulu, mengingat tangan merupakan sumber kuman. Cuci tangan dengan sabun hingga benar-benar bersih. Kotoran, kuman, dan debu yang menempel pada tangan jika tidak dibersihkan terlebih dahulu bisa menempel pada wajah.
 

source: http://www.monicaagustami.com/2012/02/cara-benar-membersihkan-wajah.html

Kompres Wajah

Kamu bisa menggunakan handuk hangat untuk mengompres wajah sebelum dibersihkan. Celupkan handuk bersih ke dalam baskom yang berisi air hangat, kemudian peras, lalu tempel-tempelkan handuk tersebut pada wajah dalam keadaan handuk masih hangat. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori wajah, sehingga sisa makeup dapat dibersihkan dengan sempurna.

source: http://wolipop.detik.com/read/2010/05/24/173059/1363218/234/cara-membersihkan-make-up-dengan-sempurna

Mulai dari Area Mata

Untuk mulai membersihkan makeup, awali pada bagian mata terlebih dahulu. Riasan pada bagian mata harus dibersihkan secara detail agar area mata benar-benar bersih dari riasan. Karena jika masih ada sisa makeup yang tertinggal, maka dapat menimbulkan masalah seperti keriput dan kulit kering.

source: http://wolipop.detik.com/read/2015/02/12/074546/2830627/234/cara-tepat-bersihkan-maskara-dan-eyeliner-agar-bulu-mata-tidak-rontok

Bersihkan Wajah

Setelah selesai dengan area mata, lanjutkan dengan membersihkan bagian wajah. Kamu bisa mengusapkan kapas yang sudah diberi pembersih wajah. Mulailah pada area T, pipi, dagu, dan leher. Ingat, pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan kulit kamu, agar tidak terjadi iritasi pada wajah.

source: http://www.republika.co.id/berita/humaira/sana-sini/13/09/30/mtxbsn-6-langkah-tepat-bersihkan-wajah

Bilas dengan Air Dingin

Setelah melakukan 4 langkah tadi, bilas seluruh bagian wajah dengan air bersih dan dingin. Hal ini bertujuan untuk menutup pori-pori yang tadi terbuka selama dibersihkan. Selain itu, air dingin juga akan membuat wajah kamu lebih segar.

source: http://www.pengensehat.com/cara-membersihkan-wajah-benar.htm

Keringkan dengan Handuk

Setelah selesai membilas wajah, gunakan handuk bersih dengan tekstur yang lembut untuk mengeringkan wajah kamu. Tepuk-tepuk perlahan wajah, hindari mengeringkan wajah dengan kasar, ya.
 

source: http://satto.co.id/perfect_you/detail_howto/Membersihkan-Wajah-Secara-Tepat-2

Nah, itu tadi 6 langkah mudah membersihkan sisa makeup dengan benar. Selamat mencoba, ya!