Olesi Es Batu

Sebelum mengoleskan lipstik, bibir sebaiknya diolesi dengan es batu. Jika bibir sudah lembap, baru oleskan lipstik secara perlahan. Lipstik akan melekat pada permukaan bibir yang bersih dan sehat. Jadi, apabila kamu mengalami kulit kering atau kulit terkelupas pada bibir, maka es batu akan membantu melembapkan bibir. Hindari menarik kulit yang terkelupas dan kering. dan jangan membasahi bibir dengan air ludah.

Gunakan Lip Balm

Salah satu faktor yang membuat lipstik yang dikenakan awet adalah dari bibir yang sehat. Namun, sering terjadi pengelupasan pada bibir. Pengelupasan akan terjadi secara teratur. Pakailah sikat gigi yang permukaannya lembut untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir..
Gunakanlah lip balm dahulu pada permukaan bibir sebelum lipstik, agar bibir tetap lembap.

Pakai Bedak atau Foundation

Selain lip balm, kamu bisa juga menggunakan bedak tabur atau foundation agar warna lipstik tahan lama di bibir. Foundation juga akan membuat warna asli lipstik lebih terlihat, terutama jika bibir berwarna gelap. Gunakan spons lembut untuk mengoleskan bedak pada bibir sebelum memakai lipstik.

Menggunakan Sedotan

Apabila kamu minum, baiknya gunakan sedotan. Hal ini terlihat lebih baik daripada kamu meminumnya tanpa sedotan, karena bisa saja lipstik yang kamu gunakan menempel dan tertinggal pada dinding gelas yang bisa membuat lipstik menjadi kurang awet dan tahan lama.

Pakai Tisu

Bisa saja lipstik yang kamu pakai terlalu berminyak. Inilah salah satu penyebab lipstik tidak tahan lama dan mudah luntur. Pakailah tisu sebagai andalan untuk menjaga agar bibir tetap kering. Siapkan tisu bersih dan katupkan bibir untuk mengurangi minyak, maka sisa minyak dari lipstik akan menempel pada tisu, dan hasilnya bibir akan menjadi lebih kering.

Hindari Lipstik Glossy

Jika kamu belum memahami kondisi bibir, sebaiknya jangan menggunakan lipstik glossy. Lipstik jenis ini mengandung lebih banyak minyak. Karena itu, lipstik glossy akan lebih cepat memudar dan hilang warnanya.

Gunakan Kuas Bibir

Gunakan lip brush atau kuas bibir agar hasilnya menjadi lebih bagus. Pigmen di lipstik akan lebih awet sehingga lipstik jadi tahan lama. Kamu harus memahami cara menggunakan kuas agar hasilnya lebih natural. Kecuali jika kamu menggunakan lipstik matte yang biasanya lebih sempurna jika langsung diaplikasikan dari sticknya karena lipstik matte cenderung bersifat kering.

Menggunakan kuas bibir akan lebih mudah mengontrol ketepatan dan kerapian penggunaan lisptik. Pastikan untuk tidak membebani kuas dengan beragam warna karena efek pencampuran warna tidak akan indah. Pakai dengan hati-hati sampai bibir penuh dengan warna yang diinginkan. Bersihkan kuas sekali setiap dua minggu, untuk menjaga kebersihan dan kenetralan warna.

Masih galau dengan lipstikmu? Ikuti cara di atas agar kamu tidak touch-up berulang kali.