Eksfoliasi

Kulit bibir yang lembut merupakan kunci utama agar warna lipstik bisa tahan lama dan tetap cantik sepanjang hari. Perawatan ideal untuk menjaga kelembaban bibir bisa kamu lakukan dengan cara eksfoliasi dan mengoleskan Vaseline petroleum jelly setiap malam. Alternatif lain yang lebih mudah adalah dengan menggunakan produk eksfoliasi khusus untuk bibir sebelum makeup. Basahi bibir, aplikasikan produk, gosok secara lembut menggunakan sikat gigi. Setelah itu bersihkan bibir menggunakan handuk yang telah dibasahi.

Clinique Sweet Pots Sugar Scrub & Lip Balm
e.l.f. Lip Exfoliator

 

Gunakan Pelembap

Kamu bisa gunakan lip balm atau lip moisturizing product lainnya. Pastikan untuk selalu melakukan langkah ini sebelum penggunaan lipstik. Hal ini bertujuan agar lipstik lebih mudah dipulaskan pada kulit bibir.

The Body Shop Coconut Lip Buter
Lucas Papaw Ointment

Prime & Line

Sama halnya dengan kulit wajah, bibir juga membutuhkan base. Kamu bisa gunakan lip primer ataupun concealer. Dengan begitu, warna lipstik yang kamu oleskan dapat 'menempel' dan bertahan lebih lama pada kulit bibir.

M.A.C Cosmetics Prep + Prime Lip
NYX Lip Primer

Setelah lip primer benar-benar meresap, gunakan lip liner pada garis bibir. Lip liner dapat membuat penggunaan lipstik lebih rapi dan mencegah feathering (belepotan melewati garis bibir. Pilih warna yang mendekati warna lipstik yang akan kamu gunakan. Atau sebagai alternatif kamu bisa memilih reverse lip liner (invisible lip liner) yang dinilai lebih serbaguna karena dapat digunakan untuk warna apapun.

NYX Wonder Pencil
M.A.C. Cosmetics Lip Pencil

Gunakan Lip Brush

Lip brush memang bukan benda yang wajib digunakan untuk mengaplikasikan lipstik. Namun dengan menggunakan lip brush, kamu bisa mengontrol penggunaan lebih mudah serta mendapatkan hasil yang lebih presisi. Jangan lupa untuk selalu membersihkan lip brush setelah penggunaan, ya!

Sephora Collection Retractable Lip Brush #60
Sephora Collection Pro Angled Lip #84

Blot & Reapply

Satu usapan saja belum cukup. Setelah usapan pertama, tempelkan tissue pada bibir untuk menyerap kelebihan minyak. Kemudian aplikasikan kembali lipstik dan sebagai finishing touch aplikasikan translucent powder. Loose powder dipercaya mampu membantu menjaga agar warna lipstik tetap menempel setelah makan atau minum sekalipun.

source: http://www.marjsia.com/2013/10/22/shiseidolips/