Meratakan Foundation dengan Jari

Sebagian besar wanita akan menggunakan jari tangannya untuk meratakan foundation di wajah karena alasan praktis dan lebih cepat. Padahal penggunaan jari tangan untuk meratakan foundation adalah cara yang kurang tepat karena akan menimbulkan garis-garis yang kurang natural sehingga wajah bisa menjadi belang. Jari tangan juga sulit menjangkau daerah yang sempit seperti sudut mata, sudut hidung, dan bagian lainnya sehingga foundation akan lebih sulit untuk rata.

source: https://blog.tokopedia.com/2015/01/6-trik-menggunakan-concealer-untuk-hasil-make-up-yang-sempurna/
Tips: cara terbaik dalam meratakan foundation adalah menggunakan kuas atau sponge. Namun kedua aplikator ini memiliki hasil yang berbeda-beda tergantung kebutuhanmu. Kuas akan memberikan kesan serperti airbrush yang halus dan flawless sedangkan sponge akan memberikan hasil akhir yang dewy. 

Melupakan Bagian Leher

Salah satu kesalahan paling fatal adalah ketika warna kulit wajah dan leher terlihat tidak sama. Riasan wajah kamu yang sempurna akan menjadi kacau jika hal ini terjadi. Jadi jangan hanya terfokus untuk merias bagian wajah saja, kamu juga perlu menggunakan foundation pada bagian leher supaya tampilan kamu tidak terlihat belang.
 
source: http://showbiz.liputan6.com/read/2357967/hadiri-rilis-parfumnya-wajah-ariana-grande-belang-dengan-badan

Tips: usapkan foundation menggunakan secara merata hingga ke bagian leher. Jika kamu menggunakan dress dengan belahan rendah, usapkan juga sedikit foundation hingga bagian dada. Untuk menghadiri event formal di malam hari, usapkan pula foundation hingga bagian bawah daun telinga agar warna kulitmu tampak merata saat difoto menggunakan flash.

Tidak Menggunakan Bedak

Beberapa foundation terbaru memang diklaim sudah tidak perlu ditumpuk lagi dengan menggunakan bedak, tapi penggunaan setting powder mampu membuat foundation kamu lebih tahan lama. Mengapa demikian? Pada dasarnya foundation memiliki tekstur yang cair ataupun creamy. Sesuatu yang memiliki tekstur demikian apabila terkena panas maka memiliki kemungkinan untuk meleleh dan berantakan. Sehingga kamu perlu menumpuknya dengan sesuatu yang memiliki tekstur bubuk supaya foundation tidak mudah pudar.

source: http://bisikan.com/cara-memakai-bedak-yang-benar-agar-rata-dan-tahan-lama

Tips: jangan gunakan bedak yang memiliki coverage atau mengandung foundation karena hanya akan membuat wajahmu menjadi cakey. Gunakan translucent loose powder untuk hasil alami. Penggunaan bedak dengan warna tertentu juga akan membuat riasan akan terlihat lebih tebal dan kurang sempurna.