Cleansing

Saat kamu kehabisan sabun pemersih wajah, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan oatmeal. Jangan lupa haluskan lebih dulu di dalam blender hingga menjadi tekstur bubuk untuk memudahkan penggunaan. 

Bahan-bahan:

  • Oat yang sudah dihaluskan
  • Air

Campurkan kedua bahan hingga bertekstur seperti bubur, kemudian usapkan pada seluruh wajahmu dengan gerakan melingkar. Butiran oatnya akan membersihkan wajah dari kotoran sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati. 

Toner

Selain menyegarkan wajah setelah cleansing, penggunaan toner dengan kandungan bahan yang tepat juga dapat membantu mengatasi permasalahan kulit, lho. Kali ini beautynesia menggunakan cuka apel sebagai bahan dasar toner. Kamu dapat menyesuaikan ratio perbandingan kedua bahan ini dengan jenis kulit kamu.

Bahan-bahan:

  • Cuka apel
  • Air

Takaran:
Kulit berminyak: 1 sdm cuka apel & 1 sdm air
Kulit normal: 1 sdm cuka apel & 2 sdm air
Kulit kering dan sensitif: 1 sdm cuka apel & 3-4 sdm air

Campurkan semua bahan, kemudian usapkan pada wajahmu menggunakan kapas. Kandungan polifenol alami di dalam apel mampu menekan produksi minyak berlebih pada wajah sekaligus mengencangkan pori-pori. Gunakan toner alami ini secara teratur 2 kali dalam sehari setelah mencuci muka. 

Moisturizer

Tak perlu menggunakan moisturizer yang rawan mengandung paraben dan mineral oil. Kamu bisa menggunakan minyak alami yang mudah didapatkan di sekitar untuk melembapkan kulitmu, salah satunya minyak kelapa.

Bahan-bahan:

  • Minyak kelapa (virgin coconut oil)

Lumuri jari-jari tanganmu dengan minyak kelapa, kemudian usapkan tipis-tipis pada seluruh bagian wajah dengan ujung jarimu. Hindari menuangkan minyak kelapa langsung pada telapak tangan dan menempelkannya pada wajah agar tidak terlalu banyak dan membuat kulit jadi berminyak nantinya. 

Thank you for watching! Jangan lupa subscribe channel YouTube beautynesia dan nantikan video tips kecantikan lainnya.