1. Memilih Shade yang Terlalu Gelap

Salah satu kesalahan yang dilakukan dalam contouring adalah menggunakan warna yang terlalu gelap. Bukannya  membentuk wajah, tetapi malah membuat wajah kelihatan kotor. Kalau kamu bisa melihat warna produk contouring dengan jelas di wajah, berarti memang warna yang dipilih terlalu gelap. Pilihlah warna yang terlihat soft dan bisa membaur dengan baik dengan kulit kamu. Kamu bisa memilih 1-2 tingkat warna lebih gelap untuk mendapatkan tampilan yang senatural mungkin.

source: https://aprettytrippyblog.com/2013/09/03/pale-girl-problems-contouring/

2. Tidak Dibaurkan Hingga Merata

Walaupun shade yang kamu pilih sudah sesuai dengan warna kulit, bisa saja kesalahan dalam contouring tetap terjadi akibat produk tidak di-blend dengan baik. Contour yang tidak merata dengan baik akan menimbulkan perbedaan warna yang terlihat jelas (harsh line) pada wajah. Saat contouring, tujuan utamanya adalah untuk membuat wajah kamu lebih terbentuk, bukan untuk memperlihatkan garis-garis contouring dengan jelas tentunya. Jadi, blend dengan baik dan sabar menggunakan brush agar tidak terlihat berlebihan.

source: http://boxofstyle.com/blog/makeup-mistakes-to-avoid/

3. Mengkontur Tanpa Mempertimbangkan Bentuk Wajah

Mungkin kamu mencoba mengikuti salah satu tutorial contouring, tetapi hasilnya tidak bagus. Kemungkinannya, hal ini dapat terjadi karena perbedaan bentuk wajah. Beda bentuk wajah, maka berbeda pula contouring yang dilakukan. Tutorial contouring untuk wajah oval belum tentu cocok dengan wajah bulat. Bentuk wajah akan menentukan bagian mana yang perlu di-contour dan bagian mana yang perlu diberi highlight. Untuk kamu dengan wajah bulat misalnya, kamu bisa mengkontour bagian bawah tulang pipi dan dagu.

source: https://www.birchbox.com/magazine/article/how-to-contour-for-your-face-shape

4. Melupakan Penggunaan Highlighter

Contouring butuh keseimbangan karena memang tujuannya adalah untuk memberikan dimensi dan keseimbangan wajah. Jangan sampai terlalu fokus pada penggunaan produk contouring kemudian lupa menambahkan highlighter. Kamu tetap perlu menambahkan highlight saja bagian-bagian yang menonjol, seperti tulang pipi. Salah satu produk praktis yang bisa kamu pilih adalah City Color Contour & Define. Di dalam produk tersedia contour, bronzer dan highlight ditambah lagi dengan blush berwarna ntural. City Color Contour & Define ini bisa kamu dapat di online shop dengan harga Rp130.000.

source: https://www.tokopedia.com/clshop/city-color-contour-and-define-palette

5. Melakukan Contouring Secara Berlebihan

Kamu mungkin melihat selebriti seperti Kim Kardashian menggunakan produk contouring dalam jumlah banyak sehingga memperlihatkan wajah yang kelihatan berbeda. Namun, perlu mengikuti teknik contouring ala selebriti karena mereka dituntut untuk selalu tampil sempurna di depan kamera. Di dunia nyata, apalagi untuk makeup sehari-hari, heavy contouring malah kelihatan aneh dan tidak akan terlihat natural. Bahkan dengan melakukan contouring yang berlebihan, kamu bisa tampak lebih tua dari umur kamu sebenarnya.

source: http://wp.clicrbs.com.br/noiva/?s=%22kim+kardashian%22&topo=13%2C1%2C1%2C%2C18%2C13&status=encerrado