1. Jangan Lupakan Pelembap Wajah

Kurang tidur bisa membuat kulit wajahmu menjadi kusam dan kering. Maka, jangan lupakan rutinitas melembapkan wajah. Untuk kamu yang memiliki kulit normal, kamu bisa menggunakan pelembap yang berbahan dasar air dan tidak berminyak. Sedangkan untuk kamu yang berkulit kering, kamu bisa mencoba memakai pelembap yang berbahan dasar minyak supaya kulitmu tetap lembap dan tidak mengelupas. Namun, untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, kamu disarankan untuk memakai pelembap yang berbahan dasar air dan bertekstur cair maupun gel.

source: http://tika-cantika.blogspot.co.id/2014/10/tips-memilih-pelembab-wajah-yang-sesuai.html

2. Tutupi Area Hitam Bawah Mata dengan Concealer

Concealer adalah salah satu produk yang bisa membuat kulit wajahmu tampak sempurna tanpa cela. Untuk menutupi lingkaran hitam di area bawah mata, pakailah concealer yang senada atau setingkat lebih cerah dari kulit wajahmu. Namun, jangan gunakan concealer dengan warna yang terlampau terang, ya. Warna concealer yang terlalu terang malah bisa memperjelas lingkaran hitam di bawah mata.

source: http://perfectbeauty.me/beautytalk/3-cara-pakai-concealer-untuk-menutupi-lingkaran-hitam-di-bawah-mata/

3. Tutupi Kusamnya Wajahmu dengan Foundation

Untuk menampilkan kesan wajah yang fresh, kamu bisa mengaplikasikan foundation ke seluruh wajahmu. Namun, pastikan kamu menggunakan foundation yang ringan untuk wajah, Jangan menggunakan foundation yang berbentuk cream ataupun stick. Foundation dengan tekstur cair akan lebih baik dalam memberi kesan segar tanpa terlihat menor.
Untuk kamu yang kurang suka menggunakan foundation, kamu bisa menggantinya dengan BB cream atau CC cream karena hasilnya tampak ringan di wajah. Pastikan kamu menggunakan shade foundation atau BB cream yang sesuai dengan warna kulitmu, ya.
source: https://dama.bg/article/kak-da-izberesh-perfektniia-fon-do-ten-za-teb/8481/

4. Cerahkan Tampilan Mata dengan Eyeliner Putih

Eyeliner putih bisa memberikan kesan segar dan cerah pada mata lelahmu. Ada 2 cara memanfaatkan concealer untuk memberi tampilan wajah yang lebih fresh. Untuk cara yang pertama, kamu bisa mengaplikasikan eyeliner putih pada inner corner mata kamu agar tampak lebih fresh, cerah, dan bisa membantumu menutupi wajah lelah. Selain itu, kamu bisa memakai eyeliner putih pada lower lash line (garis mata bagian bawah). Cara ini bisa membuat matamu tampak bersinar, sehingga wajah lelahmu bisa tertutupi.

source: http://www.newlovetimes.com/10-eyeliner-mistakes-you-are-making-and-how-to-avoid-them/

5. Gunakan Eyeshadow Matte Warna Netral

Eyeshadow matte tanpa shimmer bisa membantumu dalam menutupi wajah lelah. Untuk warna eyeshadow, sebaiknya kamu menggunakan warna natural seperti cokelat, pink muda dan beige. Ulaskan eyeshadow tipis-tipis dan hindari memakai eyeshadow gelap atau memakai eyeshadow dengan style smoky eyes.

source: http://www.temptalia.com/too-faced-natural-matte-eyeshadow-palette-review-photos-swatches/

6. Gunakan Eyeliner untuk Mempertegas Garis Mata

Eyeliner yang dikenakan di sepanjang garis mata bisa membuat matamu lebih "terbuka", sehingga mata lelahmu bisa tersamarkan. Namun, dalam mengaplikasikan eyeliner pada upper lash line (garis mata bagian atas), kamu tidak perlu membuat garis ataupun style yang macam-macam, misalnya cat eyes dan winged eyeliner shape. Kamu hanya perlu mengikuti bentuk garis asli mata saja, sehingga tercipta kesan natural dan fresh.

source: http://www.wikihow.com/Apply-Eyeliner

7. Gunakan Blush Warna Natural

Untuk menciptakan kesan wajah yang merona natural, gunakan blush berwarna soft misalnya pink atau coral. Blush dengan warna yang natural bisa membuat wajahmu terlihat lebih fresh. Namun, pastikan kamu tidak terlalu banyak mengaplikasikan blush, ya. Pilih style makeup natural, bukan "bold" untuk menampilkan kesan wajah yang fresh dan lebih cerah.
source: https://id.pinterest.com/pin/61361613650940061/

Wajah yang lelah dan kusam bisa mengganggu rasa percaya dirimu. Nah, itulah tadi beberapa tips makeup untuk atasi wajah lelah setelah begadang. Semoga bisa membantumu, ya.