1. Pastikan Tanganmu Sudah Bersih

Sebelum membersihkan makeup pada wajahmu, kamu harus memastikan bahwa tanganmu sudah bersih. Cucilah tanganmu dengan sabun sebelum tanganmu menyentuh area wajah. Pastikan tanganmu telah bebas dari debu dan kotoran. Tangan yang kotor bisa memicu terjadinya jerawat pada wajahmu karena debu dan kotoran yang menempel pada tangan bisa berpindah ke wajahmu dan menyumbat pori-pori wajahmu.

source: http://surabaya.proxsisgroup.com/bahaya-tidak-mencuci-tangan-hazards-from-not-washing-hands/

2. Kompres Wajah dengan Handuk Hangat

Makeup yang menempel pada wajah bisa saja masuk ke dalam pori-pori wajahmu. Kamu perlu membuka pori-pori wajahmu terlebih dahulu supaya kotoran dan sisa makeup yang terperangkap di dalam pori-pori wajahmu bisa terangkat sempurna.
Untuk membuka pori-pori wajahmu, kamu bisa mengompres wajahmu dengan handuk bersih yang sebelumnya telah dicelupkan pada air hangat. Pastikan kamu menggunakan air hangat, ya. Air yang terlalu panas malah bisa merusak kulit wajahmu. Tekan-tekan handuk tersebut pada wajahmu selama beberapa menit.

source: http://alansyarifinsyahril.blogspot.co.id/2015/08/7-kesalahan-saat-mencuci-wajah.html

3. Bersihkan Makeup pada Mata Terlebih Dahulu

Makeup yang dikenakan pada mata seperti eyeshadow, eyeliner, dan mascara harus kamu bersihkan terlebih dahulu. Dalam membersihkan makeup pada area mata, kamu harus melakukannya dengan sangat hati-hati. Jangan pernah menggosok area mata dengan gerakan yang terlalu keras, karena bisa memicu timbulnya kerutan-kerutan halus di area mata.

Untuk membersihkan makeup yang menempel pada area sekitar mata, kamu bisa menggunakan makeup remover khusus untuk area mata. Jika kamu tak mempunyai makeup remover khusus untuk mata, kamu juga bisa menggunakan minyak almond, minyak zaitun ataupun baby oil. Namun, pastikan produk pembersih makeup untuk mata tersebut tidak masuk ke dalam mata kamu, ya.

Pastikan kamu membersihkan makeup pada area mata secara tuntas tanpas sisa. Sisa makeup yang menumpuk pada area sekitar mata bisa memicu timbulnya gangguan kulit, seperti jerawat dan keriput.

source: http://nalacita.com/oh-ternyata-begini-cara-membersihkan-make-up.html

4. Bersihkan Makeup pada Wajah Secara Menyeluruh

Setelah kamu memastikan bahwa makeup di area mata sudah bersih tanpa sisa, kamu bisa melanjutkannya dengan membersihkan makeup pada wajah. Ada beragam cara yang bisa kamu pakai dalam membersihkan makeup pada wajah.

Yang pertama, kamu bisa langsung mengolesi wajahmu dengan milk cleanser atau susu pembersih dan mengangkatnya dengan kapas. Ulangi membersihkan wajahmu dengan milk cleanser lagi jika memang kamu menggunakan makeup yang tebal. Setelah itu kamu bisa mencuci wajah dengan sabun khusus wajah dan mengakhirinya dengan mengusapkan toner atau astringent di wajahmu.

Untuk cara yang kedua, kamu bisa membasahi kapas dengan produk makeup remover favoritmu. Kemudian usapkan kapas tersebut pada wajahmu hingga makeup yang kamu gunakan terangkat sempurna. Setelah itu kamu bisa mencuci wajahmu dengan sabun khusus wajah dan mengakhirinya dengan mengusapkan astringent atau toner di wajahmu.

source: http://www.medicaldaily.com/4-natural-makeup-removers-you-can-find-your-kitchen-cucumbers-coconut-oil-285430
Jika sabun wajah habis, jangan mencoba untuk membersihkan wajah dengan sabun mandi. Bahan kimia dalam sabun mandi dapat merusak kulit wajah dan menyebabkan kulit wajah keriput.
source: http://alansyarifinsyahril.blogspot.co.id/2015/08/7-kesalahan-saat-mencuci-wajah.html

5. Tutup Pori-Pori Wajahmu

Setelah kamu selesai melakukan rangkaian pembersihan pada wajahmu, jangan lupa untuk menutup kembali pori-pori wajahmu. Pori-pori wajah yang terbuka rentan dimasuki oleh debu dan kotoran lainnya, sehingga bisa memicu timbulnya jerawat.

Untuk menutup pori-pori pada wajahmu, kamu bisa mengompres wajahmu dengan handuk bersih yang telah dicelupkan pada air es sebelumnya. Selain cara tersebut, kamu juga bisa langsung mengolesi wajahmu dengan es batu. Namun, sebelum kamu menutup pori-pori wajahmu, kamu harus memastikan bahwa tak ada lagi makeup yang "terperangkap" di dalam pori-pori wajahmu. Menutup pori-pori wajah yang masih kotor sama saja dengan membiarkan bakteri berkembang di dalam permukaan kulit.

Setelah kamu selesai menutup pori-porimu dengan cara tersebut, keringkan wajah dengan handuk bersih dan kering, ya. Jangan pernah menggunakan handuk atau lap wajah yang kotor. Kotoran pada handuk atau lap wajah bisa berpindah ke wajahmu dan menyebabkan terjadinya jerawat.

Membersihkan wajah dari makeup yang menempel merupakan satu hal wajib yang harus kamu lakukan jika wajahmu mengenakan makeup. Untuk mendapatkan hasil yang bersih sempurna, itulah 5 langkah yang tepat dalam membersihkan wajahmu dari kotoran dan sisa-sisa makeup.