1. Sediakan Pembalut & Celana Dalam Cadangan

Pembalut bocor yang mengakibatkan tembus di celana tentu jadi hal yang paling menyebalkan, apalagi saat ada meeting penting. Selalu simpan minimal 1 pembalut serta celana dalam cadangan di laci kantormu agar kamu selalu siap untuk mengatasi kemungkinan terburuk seperti ini.

source: http://tabloidnova.com/Kesehatan/Wanita/14-Tips-Cara-Memakai-Pembalut-Agar-Nyaman-Untuk-Kesehatan-Vagina

2. Bawa Kompres Perut

Ada kalanya keram perut menyerang begitu hebat sehingga membuatmu merasa lemas sepanjang hari. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa mengompres perutmu dengan kompres perut yang diisi air hangat untuk menstimulasi peredaran darah sekaligus mengurangi rasa sakit. Jika tidak punya, kamu juga bisa mengakalinya dengan mengisi botol dengan air panas. 

source: http://www.cosmopolitan.com/sex-love/news/a62182/best-period-hacks/

3. Batasi Jumlah Kafein

Kafein dapat membuat tubuhmu menyimbang lebih banyak air, sehingga menyebabkan mual dan memperparah keram perut saat masa datang bulan. Oleh karena itu, hindari menyeruput kopi di pagi hari saat sedang menstruasi. 

source: http://www.mostinside.com/7-reasons-limit-caffeine-consumption/

4. Pilih Snack yang Akan Kamu Makan

Seminggu sebelum menstruasi, hormon dalam tubuh biasanya akan mengalami perubahan dan mengalami PMS (premenstrual syndrome). Untuk mencegah agar nafsu makan tidak meningkat nantinya, hindari mengonsumsi snack yang tinggi garam. Selain menyimpan air, makanan yang asin juga cenderung meningkatkan nafsu makan yang sulit dikontrol. 

source: http://healthyhairtotoe.com/tag/bloating/

5. Manfaatkan Pengempuk Daging Saat Menyuci Celana

Tembus? Pengalaman ini memang tidak mengenakkan karena noda darah yang menempel pada celana akan sulit dihilangkan. Saatnya mengeluarkan bubuk pengempuk daging dari dapurmu, campurkan dengan sedikit air hingga berbentuk pasta, dan oleskan pada celana yang terkena noda darah. Diamkan selama 20-30 menit, dan bilas dengan air dingin setelahnya. Celanamu akan bersih kembali!

source: http://www.bhinneka.com/products/sku02015078/enak_eco_bubuk_pengempuk_daging_100gr.aspx

6. Tingkatkan Konsumsi Zat Besi

Untuk mencegah anemia dan mengatasi nafsu makan yang meningkat, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Daripada mengonsumsi daging steak atau burger, lebih baik kamu mengonsumsi sayuran seperti bayam dan kale yang kaya akan zat besi. 

source: http://www.medicaldaily.com/battle-superfoods-which-better-your-health-kale-or-spinach-343608

7. Manfaatkan Kotak Obat untuk Membuat Pembalut Darurat

Datangnya menstruasi terkadang meleset dari perkiraan. Saat kamu tidak membawa pembalut di dalam tas, kamu bisa memanfaatkan kotak obat yang ada di kantor atau fasilitas umum tempat kamu berada. Bungkus 1-2 lembar kain kasa yang ditumpuk dengan tissue toilet. Kemudian ambil selembar tissue dan masukkan ke dalam sela-sela kain kasa yang sudah dibungkus sebagai pengganti wing untuk menjaga agar pembalut tidak bergeser.

Masih banyak tips lainnya! Baca juga artikel selanjutnya, ya!