1. Terlalu Banyak Menggunakan Produk

Selalu ingat prinsip "less is more" dalam menggunakan highlighter. Terlalu banyak highlighter bisa menampilkan wajah yang malah kelihatan berminyak dan kusam. Apalagi untuk tampilan di siang hari, maka akan terlihat berlebihan dan tidak natural. Seharusnya highlighter membuat wajah kamu glowy dan terlihat segar dengan kilau yang subtle. Salah satu caranya adalah dengan mencampurkan highlighter dengan foundation kamu. Barulah kamu pakaikan campuran highlight dan foundation tersebut ke area-area yang membutuhkan highlighter.

source: http://www.xovain.com/makeup/difference-between-strobing-highlighting-and-contouring

2. Menerapkan Produk di Tempat yang Salah

Bukan hanya terlalu banyak menggunakan produk saja, terlalu banyak tempat yang diaplikasikan highlighter akan cenderung membuat wajah terlihat oily daripada dewy. Kamu hanya perlu memakai highlighter di titik-titik tertinggi di wajah untuk menonjolkannya. Misalnya, tulang pipi, alis, bagian tengah hidung, dan cupid’s bow. Kamu juga dapat memakai highlighter pada inner corner mata untuk tampilan yang terlihat lebih fresh. Namun, bukan berarti kamu harus menerapkan highlighter di seluruh tempat yang disarankan tersebut, kamu bisa mencari dan bereksperimen bagian wajah mana yang paling cantik dengan highlighter.

source: http://thekckit.blogspot.co.id/2015/12/the-best-toolmethod-to-apply-your.html

3. Cream Highlighter di Atas Powder Foundation

Cream highlighter akan menggeser posisi powder foundation saat diaplikasikan di atasnya sehingga makeup kamu pun bisa berantakan. Jika kamu menggunakan powder foundation, lebih baik gunakan highlighter berbentuk powder juga, seperti theBalm Cosmetics Mary-Lou Manizer. theBalm Cosmetics Mary-Lou Manizer adalah produk best seller yang terkenal sehingga kamu tidak perlu meragukan lagi kualitasnya. theBalm Cosmetics Mary-Lou Manizer dideskripsikan sebagai produk 3-in-1, yaitu sebagai highlighter, eyeshadow, juga shimmer. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga sekitar Rp415.000 di gerai theBalm atau di Sephora.

source: http://shop.iglamorbar.com/product/the-balm-mary-lou-manizer-aka-the-luminizer-shimmer-highlighter-and-eyeshadow-with-twinbeauty-brush/

4. Tidak Memperhitungkan Cahaya di Luar Ruangan

Kamu harus mempertimbangkan cahaya yang ada di luar ruangan saat memakai highlighter. Karena hal ini akan berpengaruh pada tampilan highlighter. Tampilanmu akan terlihat lebih dramatis jika kamu akan berada di tempat yang lebih redup atau pada malam hari. Namun, jika kamu berada di tempat yang terang atau pada siang hari, lebih baik gunakan highlighter dengan hasil yang tampak soft agar tidak berlebihan. 

source: http://q-e3.com/2016/05/must-learn-strobing-natural-contoured-face/?lang=en

5. Salah Memilih Shade

Highlighter memiliki shade dan undertone yang berbeda. Kamu bisa saja salah memilih warna highlighter yang terlalu terang untuk kulit sehingga tidak cocok dengan penampilan. Kamu bisa menjadikan foundation kesayangan sebagai panduan memilih shade highlighter yang tepat. Pilihlah cream atau powder highlighter yang warnanya dua atau tiga tingkat lebih terang dari foundation kamu.

source: http://www.thebeautylookbook.com/search/label/Highlighter?updated-max=2015-03-05T10:00:00-08:00&max-results=20&start=5&by-date=false