Gunakan Foundation Sesuai Jenis Kulit

Selain kulit normal, ada 2 jenis kulit yang umum yaitu kulit berminyak dan kulit kering, diantara kedua tersebut jenis kulit apa yang kamu miliki?

Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak maka disarankan menggunakan foundation matte dengan tekstur cair atau bubuk, berlabel oily free dan berbahan dasar air yang berfungsi untuk mengurangi produksi minyak berlebih untuk membuat makeup lebih tahan lama.

Sedangkan untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering kamu bisa menggunakan foundation dengan tekstur apa saja baik itu cream, liquid, bubuk atau padat. Perhatikan kandungannya, gunakan pelembap sebelum menggunakan foundation atau gunakan BB cream yang memang sudah mengandung moisturizer.

Pilih Warna Foundation Sesuai Warna Kulit

Setelah menemukan foundation yang sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki, sekarang pilih warna yang sesuai dengan warna kulit kamu. Sebaiknya jangan menggunakan warna foundation yang sama dengan warna kulit karena itu akan membuat kulit terlihat pucat.

Gunakan warna 1 tone lebih gelap atau lebih terang dari warna kulit agar memberikan kesan  natural. Kamu bisa mencoba mengoleskan 2-3 warna yang menurut kamu mendekati warna kulit kemudian oleskan berjajar pada area rahang.

Jangan menggunakan punggung tangan sebagai acuan karena jika cocok untuk tangan belum tentu cocok untuk wajah. Lihat dan bandingkan warna mana yang cocok untuk kulit kamu.

Jangan menggunakan foundation dengan warna yang jauh lebih terang atau jauh lebih gelap dari kulit kamu, ini akan membuat penampilan kamu terlihat aneh.

Aplikasikan Foundation Satu Arah dan Mengikuti Bulu Halus

Mengaplikasikan foundation mengikut bulu halus di wajah dapat menghindari riasan tidak merata. Bukankah menggunakan foundation untuk membuat warna kulit terlihat lebih merata? Selain itu, biasakan memulas foundation satu arah dimulai dari area dahi dan selesaikan di satu area tersebut terlebih dahulu, jangan memulas area lain sebelum area sebelumnya selesai.

Ada sebagian foundation yang mudah kering seperti matte foundation yang akan kering sebelum dibaurkan dan akan membuat foundation terlihat pecah dan tidak merata sehingga tidak membuat foundation berfungsi sebagaimana mestinya.

Aplikasikan Foundation pada Leher

Setelah area wajah selesai, pastikan sapukan juga foundation pada leher agar tidak terlihat belang. Sapukan foundation pada leher dengan tipis dan merata sampai ke setiap sudut, ini penting agar tidak tampak batas seperti topeng antara wajah dan leher.

Nah selain itu, sebaiknya jangan menggunakan foundation terlalu tebal karena akan terlihat berlebihan dan membuatmu terlihat lebih tua. Sebaiknya jangan menggunakan foundation untuk kegiatan sehari-hari. Gunakan foundation untuk acara tertentu saja untuk mengurangi berbagai masalah di wajah. Untuk mengganti foundation kamu bisa menggunakan pelembap atau sunscreen.