1. Pastikan Bibirmu dalam Keadaan Sehat

Bibir yang kurang sehat ternyata bisa mempengaruhi ketahanan lipstickmu, lho. Lipstick yang menempel di bibir keringmu akan terkelupas seiring dengan mengelupasnya kulit bibirmu. Maka, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah merawat bibirmu.
Caranya tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu memakai lipbalm atau produk lip care lainnya setiap malam agar bibirmu lembap. Cara yang kedua, kamu perlu menyiapkan sikat gigi bersih dengan bulu yang super lembut. Basahi sikat dan gosokkan perlahan pada bibirmu. Lakukan cara ini setiap pagi untuk menghilangkan kulit mati dan sisa makeup pada bibirmu.

source: http://health.liputan6.com/read/690537/tak-ingin-kena-sariawan-hindari-7-penyebabnya

2. Sebelum Memakai Lipstick, Lembapkan Bibirmu dengan Lipbalm

Lipstick matte cenderung memiliki warna yang lebih awet dibandingkan lipstick glossy. Namun, lipstick matte memiliki satu kekurangan yaitu bisa membuat bibir menjadi kering. Untuk mengatasinya, pastikan bibirmu telah diolesi dengan lipbalm atau produk lip care lainnya. Diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, hapus lipbalm dan kenakan lipstick seperti biasanya. Melembapkan bibir sebelum memakai lipstick bisa membuat lipstick tahan lama karena lipstick akan menempel sempurna pada bibir yang sudah lembap.

source: http://makeupandbeauty.com/did-you-know-that-sun-protection-is-all-the-more-important-during-winters/

3. Gunakan Lipliner untuk Membuat Outline

Lipliner biasanya memiliki tekstur yang lebih kering daripada lipstick. Karena itu lipliner mampu menempel lebih lama pada bibir. Kamu bisa memanfaatkan lipliner untuk membuat outline atau garis luar bibirmu. Selain merapikan garis luar bibirmu, ternyata lipliner bisa membuat warna lipstickmu awet, lho.

Untuk memakai lipliner, pertama-tama kamu harus membuat tanda X (silang) pada bagian tengah bibir atas. Setelah itu kamu bisa menggambar ujung bibir dan kemudian menggambar pinggirnya. Setelah tercipta outline atau garis tepi, maka kamu bisa menggunakan lipstick seperti biasanya untuk mengisi bagian yang belum diwarnai.

source: http://www.puresalon-spa.com/our-blog/2014/09/26/tips-to-keep-your-beauty-your-best-lips-and-cheeks/

4. Menggunakan Bantuan Bedak Tabur

Bedak tabur dikenal sebagai produk bedak yang mampu menyerap kelebihan minyak pada wajahmu. Namun, ternyata bedak tabur tak hanya bisa dimanfaatkan untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah saja, tapi juga bisa kamu manfaatkan untuk menyerap minyak yang ada pada lipstick sehingga lipstickmu menjadi lebih tahan lama.

Setelah kamu selesai memakai lipstick seperti biasanya, tutup bibirmu dengan selembar tissue. Ambil bedak tabur dengan kuas bedak atau saput bedak kemudian usapkan pada tissue yang menempel pada bibirmu. Nah, dengan cara ini maka lipstick yang kamu gunakan bisa menjadi lebih tahan lama.

source: http://www.sociolla.com/journal/tips-hacks/cara-buat-warna-lipstik-tahan-lebih-lama

5. Menggunakan Bantuan Tissue

Tissue biasanya digunakan untuk mengelap permukaan yang basah, kotor maupun lembap. Tissue juga bisa kita manfaatkan untuk menyerap kelebihan minyak yang terdapat pada lipstick. Setelah kamu selesai mengoleskan perona bibir pada bibirmu, ambil selembar tissue. Katupkan bibirmu pada tissue tersebut hingga kelebihan minyak pada lipstickmu menempel pada tissue tersebut. Setelah itu kamu bisa mengoleskan ulang lipstickmu dan mengulangi cara ini hingga 3 kali. Sangat mudah, bukan?

source: https://zuri.in/2013/10/19/how-to-apply-lipstick-part-3/
Lipstick sangat membantumu dalam menciptakan penampilan yang menarik. Maka, jangan sepelekan tentang ketahanan lipstick di bibirmu, ya. Untuk membuat lipstickmu tahan lama, kamu bisa mencoba tips diatas.