1. Tentukan Titik Awal Permulaan

Titik awal permulaan adalah titik awal untuk menggambar atau membentuk alismu. Kamu bisa menemukan titik ini dengan bantuan kuas, pensil alis, pinset atau benda lain yang lurus. Tempatkan pensil alis tepat di samping cuping hidungmu dan arahkan ke atas hingga mengenai alismu. Nah, bagian alis yang terkena pensil alis inilah yang dinamakan dengan titik awal permulaannya. Tandai bagian tersebut untuk memudahkan kamu dalam menjalani langkah yang selanjutnya.

source: http://www.lifehack.org/articles/lifestyle/10-eyebrow-mistakes-you-dont-know-youre-making.html

2. Tentukan Titik Akhir

Titik akhir adalah ujung dari bentuk alis kamu, atau bisa disebut dengan ekor alismu. Cara menentukan titik akhir ini juga hampir sama dengan langkah yang pertama, kok. Kamu hanya perlu menyiapkan pensil alis atau benda lain yang lurus. Tempatkan pensil alis pada samping cuping hidung. Lalu tarik pensil alismu ke arah luar hingga menyentuh ujung alismu. Pastikan pensil alis tersebut sejajar dengan bentuk mata bagian bawah kamu, ya. Untuk lebih jelasnya, lihat pada gambar di bawah ini.

source: http://www.infoskep.com/subject-how-to-use-eyebrow-pencil.html

3. Tentukan Puncak Alis

Puncak alis (brow arch) sangat mempengaruhi bentuk wajahmu dan merupakan aspek penting dalam menggambar alis yang tampak sempurna. Untuk menentukan letak puncak alis yang pas, kamu perlu menempatkan ujung pensil alis di samping cuping hidungmu. Kemudian tarik ujung pensil alis lain ke arah luar hingga melewati bola matamu. Ketika ujung pensil tersebut melewati bola matamu, maka di situlah kamu harus menggambar lengkungan alis. Lihat keterangan lengkapnya pada gambar di bawah ini, ya.

source: http://www.cantikitu.com/2015/10/cara-membentuk-alis-mata-dengan-pensil-alis.html

4. Isi Bagian Dalam Alis

Setelah kamu menemukan titik awal, titik akhir, dan puncak alis yang sesuai, maka selanjutnya kamu bisa mulai mengisi alismu. Untuk memulainya, kamu perlu membuat outline terlebih dahulu. Tentukan garis batas alis bagian bawah lebih dulu, kemudian lanjutkan menentukan garis batas alis bagian atas. Setelah itu kamu bisa mulai mengarsir atau mengisi bagian dalam alismu.

Saat mengisi alis, bagian ujung alis harus lebih tebal daripada bagian pangkalnya agar tercipta gradasi yang sempurna. Untuk menciptakan kesan natural, sikatlah pangkal alismu dengan sikat alis ke arah atas hingga tercipta gradasi yang diinginkan. Jika alis sudah terbentuk dengan baik, kamu bisa merapikan bagian bawah dan atas alismu dengan cara mengulaskan concealer atau foundation dengan bantuan kuas.

source: http://moeslema.com/tutorial-alis-eyebrow-tutorial/

Kini kamu siap tampil cantik dengan betuk alis yang sempurna dan tampak natural!