1. Salah Memilih Warna Foundation

Warna foundation yang lebih terang daripada warna asli kulit wajah ternyata bisa membuatmu terlihat seperti sedang memakai topeng. Untuk menentukan warna foundation terbaik, kamu bisa melakukan tes warna foundation seperti yang dilakukan oleh Dhana.

Pertama, pilih tiga foundation yang warnanya mendekati warna kulit wajahmu. Lalu, oleskan ketiga foundation tersebut dari pipi ke leher kamu. Nah, kamu tinggal memilih foundation yang warnanya paling cocok dan terlihat alami pada warna kulit wajahmu.
Saran dari Dhana, kamu harus memastikan bahwa wajahmu sudah dibersihkan dahulu sebelum memakai foundation. Jika perlu, kamu juga bisa mengaplikasikan pelembap atau primer sebelum memakai foundation.

2. Salah dalam Menggambar Alis

Alis yang digambar tebal sebenarnya boleh-boleh saja, kok. Tapi alis tetap harus digambar mengikuti bentuk asli alis dan tetap natural. Nah, dalam menggambar alis supaya tetap terlihat natural, Dhana menyarankan untuk membuat outline atau garis pada sisi luar alis terlebih dahulu dengan kuas yang sudah diberi produk untuk alis, misalnya eyebrow cream atau eyebrow powder.

Kemudian kamu bisa mengarsir tengah alis dengan kuas tersebut dan ambil sedikit produk untuk eyebrow tersebut untuk membuat "buntut"-nya.
Setelah selesai menggambar alis, pulaskan concealer dengan warna yang senada dengan warna kulit wajahmu pada area tulang alis agar terlihat lebih rapi.

3. Eyeshadow yang Tidak Diratakan dengan Sempurna

Untuk eyeshadow di bagian lipatan mata (crease), kamu harus memastikan bahwa warnanya sudah di-blend dengan sempurna. Untuk menghaluskan tampilannya, kamu sebaiknya menggunakan blending brush.

Kamu hanya perlu menggerakkan blending brush dengan gerakan memutar hingga eyeshadow pada lipatan mata bisa tercampur sempurna. Namun, jangan sampai over blend, ya.

4. Bentuk Eyeliner Tidak Sama

Memakai eyeliner memang tidak semudah kelihatannya. Namun, bentuk eyeliner di mata kanan dan mata kiri harus dibuat semirip mungkin, ya. Nah, untuk memudahkan kamu dalam membuat garis eyeliner yang sama, kamu bisa meniru cara dari Dhana ini.

Yang pertama, gunakan bentuk mata bagian bawah sebagai guideline dalam menggambar garis eyeliner. Kemudian, kamu bisa memulai menggambar garis eyeliner dari bagian tengah terlebih dahulu ke arah luar. Saat menggambar garis eyeliner, posisi kepala sebaiknya agak mendongak ke atas dan posisi cermin ada di bawah serta mata harus tetap terbuka.

5. Harsh Contouring

Contouring dan highlighting adalah dua teknik yang bisa kamu gunakan dalam menonjolkan kelebihan pada wajahmu dan menyembunyikan kekurangan yang ada di wajahmu. Yang perlu kamu ingat dalam teknik ini adalah "less is more", yaitu kamu harus memastikan bahwa produk yang kamu gunakan dalam mengkontur wajahmu sudah di-blend dengan merata dan sempurna. Teknik contouring dan highlighting bisa dikatakan berhasil apabila orang yang melihat wajahmu tidak menyadari bahwa kamu sedang menggunakan teknik contouring dan highlighting.

6. Terlalu Banyak Menggunakan Blush dan Highlighter

Pemilihan blush yang sesuai dengan warna kulit wajahmu bisa membuat wajahmu terlihat lebih muda dan fresh. Begitu juga dengan highlighter yang bisa kamu gunakan untuk membuat wajahmu tampak berseri dan bersinar. Tapi, pastikan kamu memilih warna blush yang sesuai. Jika kamu akan menggunakan lipstick warna merah, maka kamu sebaiknya hindari warna blush dengan warna yang mencolok, seperti merah dan bright pink.

Jika warna lipstick yang kamu gunakan cukup terang, kamu hanya perlu menyapukan blush warna netral di pipimu. Saat mengulaskan blushon dan highlighter, kamu juga harus berhati-hati supaya produk yang kamu pakai tidak terlalu banyak supaya tidak terlihat menor.

7. Lipstick yang Terlalu Tebal

Memakai lipstick melebihi garis bibirmu boleh-boleh saja. Tetapi untuk kamu yang mempunyai bibir tebal, sebaiknya kamu menghindari cara ini. Wanita yang berbibir tebal sebaiknya memakai lipstick di tengah bibir hingga sampai pada garis asli bibir.

Untuk membuat tampilan bibir yang lebih kecil atau tipis, kamu bisa menggunakan foundation ke bibirmu dan tutup dengan bedak tabur. Setelah itu kamu bisa menggambar garis bibir "palsu" yang lebih ke dalam dan mengisinya dengan lipstick favoritmu.

Nah, itulah 7 makeup don'ts versi Dhana Xaviera yang bisa menambah ilmu kita dalam mengaplikasikan makeup. Simak videonya juga, ya.
 

youtube:kBWGbZzJof8
source: https://www.youtube.com/watch?v=kBWGbZzJof8
7 Makeup DON'TS [Indonesian Sub] | DXB ♡