1. Mengonsumsi Zat Besi Dan Magnesium

Apabila kamu mengalami bau kaki, sebaiknya penuhi asupan zinc dan magnesium. Ada banyak sekali makanan sumber kedua nutrisi tersebut. Untuk zinc, kamu bisa mengonsumsi daging sapi, biji labu, yogurt, dan salmon. Sedangkan magnesium antara lain terdapat pada beras merah, kacang hitam, dan kacang almond.

2. Gunakan Sabun Anti-bakteri

Sesuai namanya, sabun anti-bakteri bermanfaat untuk membunuh bakteri. Adanya bakteri pada kaki ini menyebabkan bau menyengat, oleh sebab itu atasi dengan menggunakan sabun anti-bakteri. Ada banyak sekali jenisnya di pasaran. Sabun anti-bakteri untuk tubuh ataupun muka, semuanya bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau kaki menyengat.

3. Kondisi Kuku

Kondisi kuku panjang bisa menjadi salah satu penyebab bau kaki, terutama apabila kuku panjang diikuti dengan banyaknya kotoran yang menempel. Oleh sebab itu, sebaiknya potong kuku secara rutin agar selalu dalam keadaan bersih. Selain itu, pastikan pula bagian sela-sela antara kuku dan kulit tak ada kotoran yang menempel, karena ini bisa juga mengakibatkan bau kaki.

4. Pakailah Antiperspirant

Antiperspirant bekerja dengan cara mengecilkan pori-pori kulit. Dengan pori kecil ini, tentunya keringat akan diblok sehingga tak akan bercampur dengan bakteri. Antiperspirant sangat cocok bila digunakan oleh kamu yang sering mengenakan kaos kaki dan sepatu.

5. Gunakan Kaos Kaki dan Sepatu Bersih

Kaos kaki dalam keadaan setengah basah entah karena hujan atau belum benar-benar kering, akan sangat berpotensi mengakibatkan bau kaki. Maka dari itu, agar tak muncul bau tak sedap, sebaiknya kamu selalu gunakan kaos kaki yang bersih dan kering. Bila perlu, cucilah sepatumu setiap seminggu sekali agar benar-benar terbebas dari masalah kelembapan dan bakteri. Cucilah kaos kakimu setiap hari, karena kaki yang berkeringat akan menyebabkan bakteri menempel pada kaos kaki.

6. Gunakan Kaos Kaki Katun

Kaos kaki berbahan katun memang jarang ditemui dan lebih mahal. Katun merupakan jenis bahan yang mampu menyerap keringat secara optimal. Dengan adanya penyerapan keringat, bau kakimu bisa diatasi secara optimal.

7. Tempat Menyimpan Sepatu

Simpanlah sepatu di tempat yang kering (tidak lembap atau terlalu panas karena terkena sinar matahari). Kondisi sepatu ketika akan dipakai akan mempengaruhi kondisi kakimu.

Nah, sekarang kamu tak perlu khawatir jika mengikuti cara-cara di atas. Ucapkan selamat tinggal secepatnya pada bau kaki tak sedap. Mulailah beraktivitas dengan nyaman dan langkahkan kakimu dengan semangat.