1. Tidak Tahu Mascara yang Cocok

Setiap mascara memiliki tujuannya sendiri-sendiri dengan formula berbeda serta berbagai bentuk aplikatornya. Beberapa mascara menawarkan ketebalan, sementara yang lainnya memberikan janji untuk memanjangkan. Kamu bisa saja membutuhkan dua jenis mascara untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan bervolume. Atau, kamu bisa menyesuaikan dengan prioritas kamu.

Untuk mascara yang memberikan volume, kamu bisa mencoba CoverGirl LashBlast Volume Waterproof Mascara yang diberi harga Rp145.000. Sedangkan untuk memanjangkan bulu mata, ada Rimmel Lash Accelerator Endless Mascara dengan harga Rp155.000.

source: https://grazia.com.au/articles/avoid-beachside-panda-eye-

2. Tidak Menggunakan Eyelash Curler

Eyelash curler akan membantu untuk membuat mata kamu terlihat lebih besar. Ini adalah langkah awal yang dapat membuat pemakaian mascara kamu menjadi lebih mudah dan lebih sempurna. Mulailah dari akar bulu mata dan hati-hati jangan sampai menjepit kulit. Kemudian tekan dan tahan selama kira-kira 10 detik lalu ulangi sampai bulu mata terlihat sesuai dengan keinginan. Eyelash curler akan memberikan perbedaan yang cukup signifikan. Pemakaian eyelash curler dilakukan sebelum menggunakan mascara dan bukan setelahnya.

source: http://www.brit.co/how-to-get-longer-lashes/

3. Tidak Menghapus Mascara Berlebih

Kamu mendapati bulu mata dengan mascara yang menggumpal? Mungkin aplikator dari produk yang kamu pakai mengambil terlalu banyak mascara. Misalnya saja di bagian ujung aplikatornya yang bisa membuat produk mascara belepotan hingga mengenai kelopak mata. Oleh karena itu, hapus kelebihan mascara pada aplikator tersebut dengan tissue lebih dulu. Jangan menggunakan lapisan mascara yang terlalu banyak karena akan rentan untuk berantakan.

source: http://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/advice/a6990/eyelash-mascara-hacks/

4. Tidak Memisahkan Bulu Mata

Terkadang walaupun tidak menggunakan terlalu banyak mascara, bulu mata tetap terlihat menggumpal. Bulu mata yang saling menempel akan menganggu penampilan. Nah, kamu bisa menggunakan spoolie brush untuk memisahkan bulu mata yang saling menempel. Atau, kamu bisa menggunakan mascara lama yang sudah kering dan sudah dicuci untuk memisahkan bulu mata yang menempel tersebut.

source: https://za.pinterest.com/pin/344314333983304440/

5. Menggunakan Mascara Lama

Tiga bulan adalah batas waktu penggunaan mascara paling efisien. Selain mascara tersebut sudah tidak memberikan kualitas terbaiknya lagi, formulanya akan lebih cenderung menggumpal. Setelah lebih dari enam bulan, mascara bisa saja membuat mata iritasi. Pada saat itu, mascara sudah ditinggali banyak bakteri karena seringnya pemakaian. Apalagi mascara sangat dekat pemakaiannya dengan mata, makanya kamu harus berhati-hati.

source: http://www.instyle.com/beauty/when-should-i-throw-away-my-makeup

6. Tidak Tahu Cara Menghapusnya

Kamu pasti tahu kalau makeup harus dihapus di ujung hari sebelum tidur. Mascara adalah salah satu makeup yang termasuk sulit untuk dihapus, apalagi jika kamu memakai mascara waterproof. Untuk menghilangkan mascara, kamu harus menggunakan makeup remover yang dibuat untuk dapat menghilangkan riasan mata waterproof agar kamu tidak bekerja keras menarik-narik daerah mata yang sensitif.

source: http://www.totalbeauty.com/content/gallery/removing-makeup/p120912/page2