1. Tak Mengerti Perbedaan Antara Berbagai Jenis Eyeliner

Kamu harus mengetahui eyeliner dibuat dalam berbagai jenis dan masing-masing eyeliner memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi, setiap eyeliner akan memberikan tampilan yang berbeda untuk riasan mata kamu. Eyeliner pensil paling mudah digunakan sehingga penggunaannya cenderung lebih cepat dan cocok untuk sehari-hari. Ada pula eyeliner berbentuk gel yang bisa memberikan tampilan yang lebih dramatis. Untuk membuat tampilan satu tingkat lebih dramatis dan tegas kamu bisa menggunakan liquid eyeliner yang cocok untuk membuat winged eyeliner atau cat eyes. Salah satu eyeliner cair yang bisa kamu coba adalah Revlon ColorStay Liquid Liner dengan harga Rp109.000.

source: http://www.nosotras.com/actualidad/como-llevar-maquillaje-sin-que-lo-parezca-8-pasos-para-un-maquillaje-natural-448372

2. Hanya Menggunakan Warna Hitam

Kesalahan ini sering terjadi pada wanita yang menggunakan eyeliner pada seluruh matanya, termasuk lower lash line. Menggunakan warna gelap pada lower lash line akan membuat mata terlihat lebih kecil bahkan kamu bisa kelihatan lelah apalagi jika terlalu intens pemakaiannya. Ditambah lagi kamu lebih rentan dengan warna eyeliner yang akan meluber hingga ke bagian bawah mata. 

Pilihlah warna lebih terang untuk mendefinisikan bagian lower lash line, misalnya dengan eyeshadow warna taupe untuk tampilan yang lebih subtle dan terlihat natural. Untuk tampilan lebih fresh kamu bisa menggunakan eyeliner putih di bagian inner corner atau pada waterline dengan menggunakan produk NYX Retractable Waterproof Eyeliner (Rp105.000).

source: http://www.glamour.com/story/common-mistakes-applying-eyeliner-tricks-tips

3. Tidak Berusaha Mencegah Luntur

Eyeliner kamu mudah luntur? Mungkin kamu memiliki kelopak mata yang oily, tetapi jika kamu tidak melakukan langkah antisipasi besar kemungkinan eyeliner akan luntur di siang hari. Kamu harus memilih formula yang waterproof yang berkualitas. Jika perlu kamu bisa menggunakan primer serta setting spray agar lebih lama. 

source: https://ro.pinterest.com/pin/537969117970696516/

4. Tidak Menggunakan Eyeliner Sedekat Mungkin dengan Lash Line

Dengan melakukan kesalahan ini, maka akan terlihat celah antara lash line dengan eyeliner kamu. Tentunya ini akan membuat matamu jadi terlihat aneh. Memang tidak mudah untuk menggunakan eyeliner sedekat mungkin dengan lash line, tetapi kamu bisa menggunakan eyeliner dengan ujung lancip atau dengan angled brush yang tipis. Dengan begitu, kamu bisa mengaplikasikan eyeliner dengan lebih presisi.

source: http://www.more.com/beauty/makeup/eye-makeup/5-eyeliner-rules-most-women-break-and-how-redeem-yourself-0

5. Menarik Area Sekitar Mata Ketika Memakai Eyeliner

Mungkin dengan menarik area sekitar mata, maka kamu akan mendapatkan permukaan yang datar sehingga pemakaian eyeliner menjadi lebih ‘mudah’. Namun, hal tersebut berbahaya pada jangka panjang. Kamu pasti pernah mendengar jika area sekitar mata adalah bagian sensitif. Jika kamu terus-terusan melakukan ini, maka akan membuat kulit akan lebih cepat memperlihatkan garis-garis halus.

source: https://ro.pinterest.com/pin/58687601371453415/

6. Malas Meraut Eyeliner Pensil

Agar hasilnya maksimal, kamu harus meraut eyeliner pensil dengan teratur. Apalagi jika kamu terburu-buru dalam mengaplikasikan eyeliner, akan lebih mudah untuk mengginakan eyeliner dengan ujung yang tajam. Pengaplikasian akan lebih tepat dan lebih mudah daripada ujung eyeliner yang tumpul.

source: http://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/how-to/a47786/eyeliner-mistakes/