1. Perhatikan Kebersihan Sepatu dan Kaos Kakimu

Sepatu dan kaos kaki yang kurang dijaga kebersihannya menjadi salah satu penyebab terjadinya bau tak sedap pada kakimu, lho. Setelah menggunakan sepatu, segera angin-anginkan sepatumu agar tidak lembab. Pastikan kamu memakai sepatu yang bersih dan kering. Sepatu yang basah bisa menyebabkan bau tak sedap pada kakimu.

Selain itu, pastikan juga bahwa kamu memakai kaos kaki dengan bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik. Jika kaos kakimu tidak bisa menyerap keringat dengan baik, maka keringat akan tertahan di kaos kakimu dan membuat kakimu lembap. Kaki yang lembap adalah sarang bagi kuman dan jamur penyebap bau kaki. Kamu juga sebaiknya mencuci kaos kakimu setiap dua hari sekali.

2. Pakailah Sepatu dengan Cara yang Benar

Sebaiknya kamu selalu menggunakan kaos kaki ketika kamu akan mengenakan sepatu. Kaos kaki bisa menyerap keringat dari kakimu, sehingga bisa meminimalkan kelembapan pada kakimu. Pastikan juga bahwa kakimu telah kering sebelum kamu mengenakan sepatu. Apabila kakimu dalam keadaan basah, keringkan dahulu kakimu hingga benar-benar kering sebelum kamu memakai kaos kaki dan sepatumu.

3. Perhatikan Kebersihan Kaki dan Jari Kaki

Sela-sela kaki sering terlupakan ketika kita membersihkan kaki. Padahal, sela-sela kaki adalah tempat penting yang harus kamu bersihkan ketika kamu mandi atau cuci kaki. Pastikan kamu menggosok sela-sela jari kakimu dengan air dan sabun ketika kamu mandi. Terlebih lagi jika kakimu adalah kaki yang mudah berkeringat, maka kamu harus memastikan bahwa sela-sela jari kakimu bersih sebelum kamu mengenakan kaos kaki dan sepatu.

4. Jika Diperlukan, Pakai Anti Perspirant untuk Kaki

Jika memang diperlukan, kamu bisa memakai deodorant atau anti perspirant khusus untuk kaki. Produk anti perspirant untuk kaki sudah bisa kita jumpai di pasaran. Deodorant akan membuat kakimu tidak mengeluarkan bau tidak sedap, sedangkan anti perspirant bisa menghalau keluarnya keringat berlebih pada kakimu. Kamu bisa memilih produk dengan bentuk bedak maupun cairan yang disemprotkan ke kakimu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sabun khusus yang memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri untuk mencuci kakimu.

5. Memakai Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Sepatu

Jika kamu sudah menggunakan produk deodorant dan anti perspirant pada kakimu, kamu pun perlu menggunakan bahan-bahan tertentu untuk menghilangkan bau pada sepatumu. Kamu bisa menggunakan bahan yang alami, kok. Kamu bisa mencoba memasukkan bubuk kopi ke dalam sepatumu. Namun, bubuk kopi tersebut harus kamu bungkus dahulu dengan tissue supaya tidak mengotori sepatumu. Selain bubuk kopi, kamu juga bisa membungkus satu sendok makan soda kue ke dalam tisu dan memasukkannya ke dalam sepatumu. Soda kue atau baking soda bisa menghilangkan bau tak sedap pada sepatumu.

Bau kaki memang menjadi satu hal yang sangat mengganggu indera penciuman dan rasa percaya diri seorang wanita. Nah, itulah tadi 5 tips sederhana untuk menghindari bau pada kaki dan sepatumu. Semoga tips diatas membantumu, ya.