1. Bersihkan Riasan Mata

Bersihkan riasan mata seperti eyeliner, eyeshadow, dan maskara sampai bersih dengan menggunakan makeup remover. Harap berhati-hati, jangan sampai masuk ke mata karena dapat menimbulkan iritasi.

Kalau kamu tidak suka mengunakan makeup remover karena terlalu keras atau tidak cocok dengan kulit, bisa gunakan bahan lain seperti: baby oil, milk cleanser, minyak zaitun, atau bahan-bahan lain yang lebih nyaman dan cocok di kulitmu.

2. Uap Wajah

Ambil sebuah mangkuk berukuran besar, isi dengan air panas. Dekatkan wajah ke mangkuk tersebut hingga uap tersebut terasa hangat di kulit wajah, tutup dengan handuk. Steam wajah ini berguna untuk membuka pori-pori wajah, dan mengeluarkan sisa-sisa makeup yang ada di pori-pori kulit, sehingga lebih mudah dibersihkan.

3. Bersihkan Bibir

Oleskan sedikit minyak zaitun atau makeup remover ke bibir, lalu usapkan dengan tisu hingga warna lipstik di bibir tidak tampak.
 

4. Bersihkan Wajah Secara Menyeluruh

Basahi wajah dengan air, gunakan facial wash (pembersih) yang lembut untuk membersihkan seluruh bagian wajah, sambil pijat perlahan. Apabila terlihat masih ada sisa makeup, gunakan kapas basah untuk menghapusnya. Bilas wajah hingga bersih dengan air dingin (untuk menutup pori).

5. Keringkan Wajah

Gunakan handuk kering untuk mengeringkan wajah, dengan cara ditepuk-tepukan ke wajah (jangan digosok).

6. Oleskan Pelembap

Makeup dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, agar kulit wajah selalu terjaga kelembapannya, oleskan pelembap setelah wajah dibersihkan.