Penyebab Bau Kaki

Bau kaki disebabkan bercampurnya keringat dengan bakteri Actynomycetes sehingga menghasilkan gas yang kurang sedap.

Source : http://www.gudangcara.com/kesehatan/cara-menghilangkan-bau-kaki.php

Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat memperparah timbulnya bau kaki yang tidak sedap, terkadang kebiasaan ini terjadi secara sadar maupun tidak sadar.
 

Mengenakan Kaos Kaki Basah/ Masih Lembab

Apakah anda pernah mengalami kejadian saat musim hujan, anda ingin mengenakan kaos kaki tapi belum kering di jemur? Dengan terpaksa anda mengenakan kaos kaki dalam keadaan setengah kering dengan anggapan bahwa lama-lama kaos kaki akan mengering dengan sendirinya.
 

Source : http://kabarinews.com/4-langkah-atasi-bau-kaus-kaki/50309

Hindari mengenakan kaos kaki lembab karena suhu hangat dalam sepatu & kaos kaki yang lembab dapat memperparah bau yang dihasilkan oleh bakteri yang ada pada kaki.

 

Mengenakan Kaos Kaki Saat Kaki Sedang Basah

Anggapan bahwa kaki akan kering karena terserap oleh kaos kaki adalah salah besar, karena kaos kaki akan menjadi lembab dan bau, selain itu kaki yang lembab dapat mengundang jamur.

Source : http://www.vemale.com/fashion/tips-and-tricks/10698-tips-kaus-kaki-awet.html

Angin-anginkan atau lap kaki anda yang basah dengan kain hingga kering, baru menggunakan kaos kaki hal ini akan mengurangi kadar kelembapan pada kaki, kaos kaki dan sepatu anda.

 

Jarang Mengganti Kaos Kaki

Jarang mengganti kaos kaki sama saja seperti jarang mengganti baju. Baju yang sudah bau & berkeringat masih kita kenakan berulang-ulang sehingga semakin menghasilkan bau tidak sedap. 

Source : http://distributorkaoskaki.com/tips-agar-sepatu-dan-kaos-kaki-tidak-bau/

Selain tidak menggunakan kaos kaki yang masih basah atau lembab, Jangan gunakan kaos kaki berulang-ulang!

Ganti kaos kaki anda sesering mungkin agar bakteri tidak berkembang biak semakin banyak di dalamnya.
 

Sepatu Jarang Dicuci

Sepatu adalah tempat yang baik bagi bakteri untuk berkembang biak, suhu yang hangat & lembab membuat bakteri mudah berkembang biak.

http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/16/01/18/o14eee384-kaki-anda-bau-ini-tips-menghilangkannya
Source : http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/16/01/18/o14eee384-kaki-anda-bau-ini-tips-menghilangkannya

Selalu jaga kebersihan sepatu anda dengan cara dicuci seminggu sekali, agar bakteri tidak menumpuk di dalam sepatu.
 

Kuku Jari Kaki Panjang

Kuku kaki kadang jarang diperhatikan dan dianggap sepele, namun faktanya kuku adalah salah satu tempat bersarangnya bakteri & kotoran.
 

Source :http://panduanhidupsehat.com/tips-sehat/cara-memotong-kuku-yang-benar/

Bakteri yang hidup diantara kuku kaki bagian bawah bisa jadi jadi memperparah bau kaki. Selalu jaga kebersihan kuku kaki anda, dan potonglah kuku kaki sesering mungkin namun tidak memotong terlalu dalam agar tidak melukai lapisan daging pada kuku kaki.