Penyebab Bau Kaki

Bau kaki disebabkan oleh beragam hal. Penyebab pertama adalah sekelompok bakteri yang memproduksi bau. Bakteri ini berkembangbiak dan memproduksi bau yang tidak sedap pada kakimu. Penyebab yang kedua adalah keadaan hiperhidrosis atau keadaan saat tubuh kita memproduksi keringat yang berlebih. Keringat yang bercampur dengan bakteri jahat bisa menyebabkan bau yang kurang sedap.

Selain dua penyebab di atas, sepatu dan kaos kaki yang jarang dibersihkan juga bisa menjadi penyebab bau kaki. Sepatu dan kaos kaki yang kurang bersih dan lembap bisa memperparah bau pada kakimu. Maka, selain mengatasi bau kaki dengan 3 bahan alami berikut ini, jangan lupa juga bersihkan sepatu dan kaos kakimu secara berkala.
Perhatikan juga kondisi kaki dan kuku jarimu. Pastikan kaki dan kuku jari kakimu dalam kondisi bersih dan kering sebelum memakai kaos kaki dan sepatu. Kotoran yang terperangkap di sela-sela kuku kaki bisa menyebabkan bau kaki.
Bromhidrosis adalah istilah di bidang medis untuk bau menyengat yang berasal dari salah satu bagian badan. Keringat sendiri sebenarnya tidak berbau. Namun, karena keringat sudah berinteraksi denganbakteri, maka interaksi ini menghasilkan bau khas dari badan.
source: http://www.kompasiana.com/novi25/bau-kaki-ohhhhh-tidak_551722c68133115d669de250

1. Bubuk Kopi Hitam

Kopi hitam tak hanya nikmat di lidah, tapi juga bermanfaat untuk menghilangkan bau di kakimu. Cara menggunakan kopi hitam untuk menghilangkan bau kaki cukup mudah, kok. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa sendok kopi hitam. Bungkus bubuk kopi hitam dengan tissue, lalu masukkan ke dalam sepatumu. Letakkan bubuk kopi dalam sepatumu selama semalam. Lakukan cara ini dengan rutin.
Selain cara tersebut, kamu bisa menaburkan bubuk kopi langsung ke kakimu. Setelah didiamkan selama 15 sampai 20 menit, bilas kakimu sampai bersih. Lakukan cara ini dengan rutin, ya.

Biji kopi yang kaya dengan antioksidan dapat menghilangkan bau.
source: http://bangka.tribunnews.com/2016/06/06/ternyata-kopi-bisa-usir-tuntas-selulit-dan-bau-kaki

2. Teh

Bahan alami selanjutnya yang bisa menghilangkan bau kakimu adalah teh. Tak hanya nikmat sebagai minuman hangat di saat pagi dan sore hari, namun teh juga bisa membantumu menghilangkan bau kaki. Untuk menghilangkan bau pada kaki indahmu, kamu hanya perlu membuat larutan dari teh. 

Buatlah larutan air teh dari beberapa sendok teh atau beberapa kantong teh celup dengan beberapa gelas air mendidih. Tunggu hingga airnya menjadi dingin. Setelah airnya mendingin, rendam kakimu dalam larutan teh ini selama 30 menit. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Teh mengandung tanin yang dapat menutup beberapa pori-pori pada kaki, sehingga produksi kelenjar keringat berkurang yang kemudian akan meminimalisasi bau pada kaki.
source: http://www.nurulsefty.com/2014/03/7-cara-menghilangkan-bau-kaki-secara.html

3. Jeruk Lemon

Jeruk lemon dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk mengurangi lemak jahat dalam tubuh. Namun, jeruk lemon tak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, lho. Air jeruk lemon bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kaki kamu.

Caranya cukup mudah, kok. Kamu hanya perlu menyiapkan satu liter atau satu gayung air dingin dan air perasan jeruk lemon. Rendam kakimu dalam air tersebut selama 30 menit. Lakukan cara ini satu kali dalam satu hari secara rutin, ya.

Air perasan jeruk lemon kaya akan kandungan asam nitrat untuk menetralkan kondisi keasaman kulit di area kaki.
source: http://perawatankulitmu.com/cara-menghilangkan-bau-kaki-alami.html

Nah, itulah 3 bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menyingkirkan bau tak sedap di kakimu. Berminat mencoba salah satu cara tersebut?