Memilih Warna yang Lebih Terang untuk Memberi Kesan Cerah

Beberapa orang suka memilih foundation dengan warna lebih terang dari warna kulit, dengan alasan memberi kesan cerah. Sayangnya, ini tidak akan membuat kulitmu terlihat lebih cerah, melainkan membuat riasanmu tampak seperti topeng dan kurang alami. Untuk mendapatkan rona wajah cerah, sebaiknya kamu menggunakan color-correcting primer atau radiance primer. Keduanya tidak akan membuat wajahmu seperti topeng.

source: https://www.pinterest.com/pin/505247651917527282/

Tidak Memilih Foundation Sesuai Kebutuhan Kulit

Apakah kamu membutuhkan foundation dengan coverage rendah, sedang, atau tinggi? Faktor ini akan berpengaruh pada penggunaan foundation sehari-hari. Foundation dengan coverage tinggi memerlukan waktu ekstra untuk blending. Di sisi lain, foundation dengan coverage rendah mungkin perlu disertai dengan concealer. Beberapa orang juga kurang suka menggunakan foundation yang terasa berat di wajah. Jadi, pertimbangkan kebutuhan kulitmu dengan baik ketika memilih foundation.

source: https://rohidassanap.wordpress.com/2015/06/26/7-most-common-makeup-mistakes-that-can-make-you-look-old/

Tidak Memilih Foundation Sesuai Jenis Kulit

Kamu tergoda membeli Born This Way Foundation dari Too Faced karena mendapat review yang bagus dari banyak blogger? Kalau kamu memiliki jenis kulit berminyak, sebaiknya tahan dulu keinginan itu.

Sering kali kita tergiur membeli produk foundation yang baru rilis atau banyak dipuji oleh para beauty blogger. Namun, foundation itu belum tentu cocok dengan jenis kulit kita. Sebelum membeli foundation, sebaiknya kamu mencari ulasan yang ada di internet, apakah foundation itu cocok dengan jenis kulitmu. Foundation ini akan kamu pakai dalam jangka waktu yang panjang, jadi tentu harus nyaman di kulit.

Hanya Tes Warna Foundation di Tangan

Ingat, tujuan penggunaan foundation adalah untuk meratakan warna kulit wajah, bukan tangan. Warna kulit tangan dan wajah belum tentu sama, bukan? Sebaiknya kamu mencoba warna foundation di area rahang hingga ke leher.

source: http://supercasm.com/7-deadly-mistakes-girls-commit-while-putting-on-makeup/7/

Pencahayaan yang Kurang Baik

Pencahayaan di dalam mall sering kali redup dan tidak dapat menunjukkan warna dengan akurat. Sering kali, foundation yang awalnya terlihat pas, ternyata masih kurang sesuai dengan warna kulit. Sebaiknya kamu cek lagi dengan cahaya dari sinar matahari langsung.

source: http://www.hanhabelle.com/2014/11/theatre-of-beauty-harvey-nichols.html?m=1

Tidak Meluangkan Waktu

Semua kesalahan di atas mungkin saja dilakukan apabila kamu tidak meluangkan waktu untuk memilih foundation dengan teliti. Warnanya mungkin pas, tapi formulasinya belum tentu tepat. 

Selamat memilih foundation!