Face Wash Saja Tidak Cukup!

Face wash atau facial foam mampu mengangkat minyak dan kotoran pada wajah. Jadi jika tidak menggunakan makeup, kamu dapat menggunakan face wash saja untuk membersihkan wajah. Akan tetapi, face wash belum tentu dapat membersihkan makeup dengan menyeluruh, apalagi jika kamu menggunakan makeup waterproof yang dirancang khusus agar tahan lama di kulit.

Pernahkah mendengar anjuran menggunakan toner untuk menghapus sisa-sisa makeup setelah mencuci muka? Sebenarnya, itu adalah bukti bahwa face wash saja tidak cukup untuk membersihkan makeup dengan menyeluruh. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan makeup remover sebelum menggunakan face wash, atau double cleansing.

Tidak menggunakan makeup? Silakan langsung intip langkah ketiga, ya!
 

Langkah 1: Eye Makeup Remover

Apabila kamu menggunakan eye makeup seperti eyebrow pomade, waterproof eyeliner, waterproof mascara atau bulu mata palsu, sebaiknya kamu menggunakan eye makeup remover terlebih dahulu. Riasan mata waterproof diformulasikan agar tidak luntur meskipun terkena air, sehingga perlu remover khusus untuk membersihkannya.

Produk bi-phase atau dual phase eye makeup remover cenderung ampuh untuk membersihkan waterproof mascara sekalipun. Kocok botol untuk mencampurkan dua jenis cairan di dalamnya, tuang produk di kapas, lalu usapkan secara perlahan pada riasan mata. Kalau matamu tergolong sensitif, cukup kompres riasan mata dengan kapas yang telah dibasahi eye makeup remover.

source: http://www.beautyholicsanonymous.com/2015/12/battle-of-the-dual-phase-makeup-removers/

Langkah 2: Makeup Remover

Setelah membersihkan riasan mata, kamu dapat beralih ke makeup remover. Ada beberapa jenis makeup remover yang dapat kamu gunakan, seperti micellar water, cleansing oil, cleansing balm, maupun cleansing milk dan toner. Tuangkan micellar water atau cleansing milk pada kapas, dan usapkan dengan lembut ke wajah. Ulangi sampai kapas benar-benar bersih dari makeup. Lanjutkan penggunaan cleansing milk dengan toner.

Kalau kulitmu cenderung kering, sebaiknya kamu menggunakan cleansing oil atau cleansing balm. Tuang cleansing oil ke telapak tangan, lalu usapkan dengan gerakan memutar ke wajah yang kering. Kalau menggunakan cleansing balm, ambil dengan jari yang bersih atau spatula, lalu usapkan ke wajah yang kering. Balm akan pelan-pelan lumer ketika kontak dengan kulit. Setelah memijat wajah kurang lebih selama satu hingga menit, basuh muka dengan air untuk membersihkan makeup remover.

Kalau face wash diformulasikan untuk membersihkan minyak dan kotoran, maka makeup remover khusus diformulasikan untuk membersihkan makeup. Tak perlu khawatir lagi ada makeup yang tertinggal di wajah. 

Langkah 3: Sabun Wajah

Rasanya tahapan terakhir ini sudah umum diketahui semua orang, yaitu menggunakan face wash atau facial foam. Makeup remover seringkali meninggalkan rasa berminyak di kulit, sehingga kamu sebaiknya tetap mencuci muka dengan face wash. Cari face wash yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, ya.

Tuang face wash ke tangan, lalu gosok kedua tangan hingga berbusa. Usapkan pada wajah dengan gerakan memutar selama 30 detik hingga satu menit. Pastikan seluruh bagian wajah terkena face wash. Bilas dengan air bersuhu ruang, jangan terlalu panas atau terlalu dingin.

source: http://oicacne.com/do-you-know-best-face-wash-for-acne/

Manfaatnya?

Double cleansing membersihkan makeup dengan menyeluruh, sehingga meminimalisir kemungkinan timbulnya komedo dan jerawat. Ditambah lagi, double cleansing membersihkan kulit dengan baik, sehingga skincare yang kita gunakan di malam hari dapat terserap dengan sempurna.

Sudah siap double cleansing? Yuk, share di komentar!